Ingin Perbaiki Peringkat di PON, PODSI Maluku Siapkan 12 Atlet Dayung

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sebanyak 12 atlet dayung disiapkan oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Maluku untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021-Papua.

Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PODSI Maluku, Anos Yeremias mengatakan, sejauh ini peringkat Maluku dalam cabang olahraga (cabor) dayung cukup melorot ke bawah. Oleh sebab itu, PODSI Maluku ikut membantu pemerintah daerah, untuk memperbaiki peringkat di PON mendatang.

“Kami cabang olahraga dayung atau yang dikenal dengan canoeing maupun rowing sudah memiliki tekad, untuk ikut menyumbang medali emas sebab dayung ini sendiri menjadi cabang prioritas di Maluku dan karena itu kami sudah mempersiapkan 12 atlet untuk tampil di PON yang akan datang yang akan bertanding di 10 nomor”, katanya kepada wartawan di Ambon, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga  WHO Segera Rilis Vaksin Covid-19 Baru, Diklaim Lebih Baik dan Tanpa Suntik

Dari kedua belas atlet tersebut, Maluku menargetkan untuk memperoleh 4 medali emas ditambah 3 medali perak dan juga dua medali perunggu.

Link Banner

“Empat medali emas itu targetnya datang dari La Memo yang akan bertanding di nomor double scull putra atau tunggal. Kemudian Memo juga berpasangan dengan Asuhan atau dengan Rusdy Eli untuk bertarung merebut satu nomor medali emas lagi di situ. Sedangkan di double scull kelas open, kita juga akan upayakan untuk menyatukan Asuhan dengan Rusdy Eli untuk juga bertarung mencari 1 medali emas”, paparnya.

Untuk atlet putri dayung, Yeremias menjelaskan,
“Di Putri kita punya atlet yang kemarin meraih 2 medali emas di PON XIX Jawa Barat yaitu Chelsea Corputty di single scull putri kelas ringan. Kita estimasi atau prediksi dia akan mendapatkan medali emas kemudian dia berpasangan lagi dengan atlet lainnya entah itu Helmin Hatu, Arni pattipeiluhu atau Issa Behuku. Kita akan mencari lagi satu medali emas di situ, mudah-mudahan itu bisa terpenuhi. Kalau itu terpenuhi maka target kita akan tercapai”, jelasnya.

Baca Juga  Himpunan Mahasiswa Adat SBB unjuk rasa tentang PT TWS

Yeremias berharap, agar apa yang telah menjadi target dapat dipenuhi, sehingga bisa memperbaiki peringkat karena nantinya ada cabang olahraga lain yang bisa menyesuaikan seperti tinju dibawah binaan Ramli Umasugi selaku Ketua Pengprov Pertina Provinsi Maluku dan atletik dibawah binaan Richard Louhenapessy selaku Ketua Pengprov PASI Provinsi Maluku. Dirinya berharap ketiga cabor ini akan mempersembahkan medali bagi Kontingen Maluku.

Terkait dengan persiapan untuk mengikuti PON XX, Yeremias mengatakan pihaknya telah mempersiapkan diri dari setahun yang lalu dimulai dengan kualifikasi pra PON yaitu dengan mengikuti pertandingan di Karawang, Jawa Barat dan menghasilkan 10 nomor untuk nanti ke Papua. Ia berharap kesepuluh nomor tersebut bisa mendapatkan 9 atau 10 medali baik emas, perak dan perunggu. (alena)

Baca Juga  Mengenal Rosita Umasugi, Kapolres Perempuan Pertama di Maluku