Ini Empat Butir Pakta Integritas Pimpinan Daerah Wilayah Teluk Tomini-Maluku Utara

oleh -80 views
Link Banner

Porostimur.com | Gorontalo: Para gubernur dan bupati/walikota di wilayah Teluk Tomini – Maluku Utara menandatangani pakta integritas kerja sama pimpinan daerah dalam mengembangkan kawasan Teluk Tomini – Maluku Utara, pada kegiatan Regional Meeting dan Deklarasi tentang pembentukan konsorsium pengelolaan kawasan teluk Tomini dan Maluku Utara yang digelar di Hotel Damhil UNG, Sabtu (12/6/2021).

Pakta integritas itu diwakili Pemerintah Kabupaten/Kota diantaranya Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah. Serta dihadiri Wakil Ketua DPR-RI Muhaimin Iskandar, Menteri Desa – PDTT Abdul Halim Iskandar dan ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna, serta rektor Universitas Negeri Gorontalo, Dr Eduart Wolok.

Baca Juga  Ohoirat : Mutasi Wakapolda tak terkait black campaign

Alasan pakta integritas ini dilakukan karena kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara sejak lama menjadi kawasan strategis ekspor – impor hasil bumi yang menghubungkan antar negara., sehingga menjadikan teluk tomini dan Maluku Utara menjadi episentrum perdagangan dan perniagaan Global.

Potensi itu diperlukan pengelolaan yang optimal dari pimpinan daerah yang terlibat dalam kawasan Teluk Tomini – Maluku Utara.

Berikut isi pakta integritas yang dilakukan pihak UNG bersama pimpinan daerah di akwasan Teluk Tomini – Maluku Utara:

1. Akan mendukung dan melaksanakan pembangunan zona akuntabilitas di kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara.

2. Dalam menjalankan tuga mengelola kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara menerapkan prrinsip efektif dan efisien, bersih dan akuntabel, serta berorientasi pada pelayanan publik

3. Tidak akan melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme menuju pemerintahan yang baik dan terpercaya

Baca Juga  Majukan Kota Bitung, Lomban akui masih banyak PR belum tuntas

4. Membukaakses publik untuk mendapatkan informasi dan berpartisipasi dalam pembangunan kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara sebagai bentuk akuntabilitas pemerintah.

(red/read)