Sempat Hilang Saat Melaut, Nelayan Asal Desa Totodoku Ditemukan Selamat

oleh -142 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Ternate melalui Unit Siaga SAR Morotai pada Sabtu (12/06/21) menerima laporan dari Mono (keluarga korban) bahwa saudaranya bernama Jamin belum kembali dari melaut.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (12/6/2021) menjelaskan, berdasarkan kronologis kejadian, pada Tanggal 11 Juni 2021, Pukul 18.00 WIT, Korban A.n Bpk. Jamin Daiyan pergi melaut dengan menggunakan katinting di sekitar Perairan Desa Totodoku, dan Perairan Pulau Morotai, hingga kini belum juga kembali. Pada Tanggal 12 Juni 2021, Pukul 11.00 WIT, Nelayan Desa Totodoku lainnya yang juga melaut telah kembali ke Desa dan menginformasikan bahwa cuaca esktrim terjadi di Perairan Laut Halmahera dan perairan laut Morotai pada Tgl 11 Juni 2021.

Baca Juga  Banjir Halmahera Utara, Ratusan Warga Diungsikan ke Perbukitan

Pukul 21.00 WIT, semua nelayan berlindung di Pulau terdekat namun tidak melihat keberadaan korban A.n Bpk. Jamin Daiyan. Sehingga keluarga panik dan melaporkan ke pihak basarnas untuk membantu melakukan pencarian.

“Aksi yang dilakukan setelah menerima laporan, Pada Tanggal 12 Juni 2021, Pukul 12.30 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai bergerak menuju Pulau Kokoya dan Pulau Mitita untuk melakukan penyisiran di Pulau-pulau terdekat dengan menggunakan Rubber Boat. Pukul 13.10 WIT, Tim SAR gabungan tiba di LKP dan langsung melaksanakan penyisiran,” kata Muhamad Arafah”.

Arafah menambahkan selama kurang lebih 30 menit melakukan pencarian, Pukul 13.30 WIT. Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban di koordinat 13,48 Nm arah 298,16° dari LKP) dalam keadaan selamat. Selanjutnya korban dibawa menuju Desa Totodoku, Pulau Morotai untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Baca Juga  Belanda vs Spanyol 1-1, Simak 5 Fakta Menarik Ini

“Dengan telah ditemukannya korban, Pukul 13.50 WIT, Tim SAR Gabungan melakukan debreafing dan evaluasi Operasi SAR, dengan hasil 1 orang ditemukan dalam keadaan Selamat. Selanjutnya Operasi SAR ditutup dan seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih,” tukas Arafah.

Data Korban
Nama : Jamin Daiyan.
J/K : Laki-laki.
Umur : 59 Thn.
Alamat : Desa Totodoku, Pulau Morotai

Unsur yang terlibat

  1. Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai 3 Orang
  2. Ditpolairud Polda Malut (Pos Daruba) 1 Orang
  3. BPBD Kab. Pulau Morotai 1 Orang
  4. Masyarakat Desa Totodoku 5 Orang

Alut yang digunakan

  1. Rubber Boat/Perahu karet Unit Siaga SAR Morotai 1 Unit
  2. Longboat Masyarakat Desa Totodoku 3 Unit

(adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.