Ini Penyebab Cuaca Buruk di Kepulauan Sula Beberapa Hari Terakhir

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Hujan disertai angin kencang melanda Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara dalam beberapa hari ini, disebabkan oleh skala regional.

Observator Cuaca BMKG Stasiun Emalamo Kepulauan Sula, Iqmal Zainudin, mengatakan cuaca beberapa hari ini disebabkan pola konfergensi inilah yang menghasilkan cuaca buruk di Kepulauan Sula dan Kabupaten Taliabu.

“Yang pertama dalam skala regional posisi matahari bergerak ke utara hingga menimbulkan embusan dari Timur hingga Tenggara, membentuk pola konfergensi di sekitar wilayah Maluku Utara, termasuk di wilayah Kepulauan Sula,” ucap Iqmal, Rabu 19 Mei 2021.

Iqmal bilang, cuaca ekstrem ini juga berpotensi terjadi selama beberapa bulan.

“Karena masih musim timur, satu sampai dua bulan ke depan masih berpotensi gelombang tinggi, hujan sedang dan hujan lebat,” ungkapnya.

Baca Juga  Setelah Pandu Riono dan Tempo, Kini Giliran Situs CISDI Terkena Serangan Siber

Ia menyarankan agar masyarakat terus waspada dan memantau perkembangan cuaca serta jangan percaya isu hoax di media sosial.

“Bagusnya terus pantau perkembangan perubahan cuaca dari website dan aplikasi BMKG yang resmi, agar tidak terprovokasi dengan informasi hoax,” pungkasnya.

(red/hp)

No More Posts Available.

No more pages to load.