Istana Resmi Launching Logo dan Tema HUT Ke-79 Kemerdekaan, Ini Makna dan Filosofinya

oleh -50 views

Porostimur.com, Jakarta – Istana Kepresidenan secara resmi meluncurkan logo HUT ke-79 kemerdekaan yang didesain anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Surabaya, Jawa Timur, Inggrid Wenas. Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan logo itu didesain berdasarkan tema peringatan HUT ke-79, yakni ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’.

Ia pun menjelaskan makna dari tema peringatan HUT ke-79 yang tak hanya menggambarkan transisi kepindahan ibu kota negara, tetapi juga menggambarkan transisi kepemimpinan nasional.

“Tema ini dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan negara kita,” ujar Heru dalam peluncuran logo dan tema HUT ke-79 yang digelar di Wisma Negara, Jakarta, Senin, (24/6/2024).

Baca Juga  KPK Sita 3 Bidang Tanah Milik Muhammad Thariq Kasuba di Cikarang Senilai Rp2 M

Heru kemudian menjelaskan secara rinci makna dan filosofi logi HUT ke-79 yang terdiri dari angka 7 dan 9 berwarna merah yang menandai usia Republik Indonesia serta tulisan tema ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’ berwarna hitam.

Heru menyebut ujung angka 7 menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

Selanjutnya, angka 7 yang menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi. Arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain, menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.