Jepang dan AS Bergabung Jaga Stabilitas Selat Taiwan yang Tegang dengan China

oleh -8 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Jepang dan Amerika Serikat sepakat bekerja sama dalam menjaga perdamaian di Selat Taiwan yang semakin tegang, di tengah latihan militer China yang belum pernah terjadi sebelumnya, termasuk peluncuran lima rudal Tiongkok yang mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang.

Dilansir laman Channel News Asia, Jumat (5/8/2022), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi berada di Jepang pada tahap terakhir dari perjalanan Asia yang mencakup pemberhentian singkat dan tanpa pemberitahuan di Taiwan –pulau yang dianggap China merupakan bagian dari negaranya– dalam kunjungan tingkat tertinggi oleh seorang pejabat AS pada tahun 25 bertahun-tahun.

Kunjungan Pelosi, di mana dia memuji demokrasi Taiwan dan menjanjikan solidaritas, membuat marah China dan memicu latihan militer yang menurut penyiar negara akan menjadi yang terbesar oleh China di Selat Taiwan, termasuk penembakan langsung di perairan dan di wilayah udara di sekitar pulau itu.

Lima rudal China sebelumnya mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang. Insiden itu mendorong Tokyo untuk mengajukan protes keras melalui saluran diplomatik.

Salah satu sekutu terdekat Washington, Tokyo semakin khawatir tentang kekuatan China yang tumbuh di Indo-Pasifik dan kemungkinan bahwa Beijing dapat mengambil tindakan militer terhadap Taiwan.

Baca Juga  Pengusaha China jajaki potensi investasi perikanan di Maluku

Pelosi Kunjungi Jepang

Ilustrasi bendera Jepang (pixabay)

Ilustrasi bendera Jepang (pixabay)

Pelosi bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida di kediaman resminya, di mana Kishida mengatakan kedua sekutu akan bekerja sama untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, jalur pelayaran utama.

Jepang, yang pulau-pulau paling selatannya lebih dekat ke Taiwan daripada Tokyo, telah memperingatkan bahwa intimidasi China terhadap Taiwan adalah ancaman keamanan nasional yang meningkat.

“Saya telah memberi tahu pembicara Pelosi bahwa fakta bahwa rudal balistik China telah mendarat di dekat perairan Jepang, termasuk ZEE, mengancam keselamatan dan keamanan nasional kami dan bahwa Jepang sangat mengutuk tindakan tersebut,” kata Kishida.

“Kami juga mengkonfirmasi kerja sama erat yang berkelanjutan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.”

Ketegangan antara Jepang dan China meningkat pada hari Kamis ketika China mengumumkan bahwa pertemuan antara menteri luar negeri kedua negara, yang akan berlangsung di sela-sela pertemuan ASEAN di Kamboja, telah dibatalkandamai karena ketidaksenangannya dengan G7. pernyataan  mendesak Beijing untuk menyelesaikan ketegangan Taiwan secara damai.

Baca Juga  ICW: Jokowi Gagal Jadi Panglima Pemberantasan Korupsi

Strategi AS

Ilustarsi bendera Taiwan (AFP/Mandy Cheng)

Ilustarsi bendera Taiwan (AFP/Mandy Cheng)

Pelosi tiba di Jepang setelah kunjungan ke Korea Selatan pada hari Kamis, di mana dia berjanji akan mendukung denuklirisasi Korea Utara. Dia akan bertemu dengan rekannya dari Jepang Hiroyuki Hosoda, ketua majelis rendah parlemen, pada hari Jumat.

Saat mengunjungi Jepang pada bulan Mei, Presiden AS Joe Biden mengatakan dia akan bersedia menggunakan kekuatan untuk membela Taiwan – sebuah komentar yang tampaknya memperluas batas kebijakan “ambiguitas strategis” AS terhadap pulau itu. 

Kishida mengatakan kepada Biden pada saat itu bahwa Jepang akan secara substansial meningkatkan pengeluaran pertahanannya. Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa telah berjanji untuk menggandakan pengeluaran militer menjadi 2 persen dari PDB.

TETO Serukan Indonesia Kecam Aksi Militer China di Sekitar Taiwan

Ilustrasi bendera Taiwan (unsplash)

Ilustrasi bendera Taiwan (unsplash)

Setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi pada tanggal 2 Agustus 2022, Taiwan dikabarkan terus menerima ancaman militer dari China.

Baca Juga  2 Warga Australia dengan Yacht Terdampar di Perairan Pulau Teor Maluku

China disebutkan telah mengumumkan akan menggelar latihan militer selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 4 Agustus sampai tanggal 7 Agustus dengan tembakan langsung di sisi utara, timur laut, barat laut, timur, selatan, dan barat daya. Total 6 wilayah perairan dan udara Taiwan.

“Latihan militer ini telah memblokade laut dan udara Taiwan, mempengaruhi operasional 17 jalur pelayaran internasional dan 7 pelabuhan internasional dari Taiwan, dan beberapa latihan telah menginvasi perairan teritorial, wilayah berdekatan dan wilayah udara Taiwan,” ujar John Chen Representative Taipei Economic and Trade Office in Indonesia atau perwakilan kantor dagang Taiwan di Indonesia (TETO) dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Jumat (5/8/2022).

“Aksi ini adalah pelanggaran serius terhadap hukum internasional, membahayakan perdamaian dan stabilitas kawasan dan selat Taiwan, serta melanggar hak dan kepentingan dari pesawat terbang dan kapal laut dari berbagai negara yang akan melintas di kawasan tersebut,” jelas John Chen.

(red/liputan6)