Jumlah pemudik Bitung ke Gorontalo mulai meningkat

oleh -144 views
Link Banner

@Porostimur.com | Bitung : Mudik Lebaran 2018 mulai terasa di Kota Bitung sejak Senin (11/6).

Bahkan, tren kenaikan jumlah pemudik asal Provinsi Gorontalo, menunjukkan kenaikan grafik signifikan dalam 2 hari terakhir.

Keberangkatan pemudik ke Gorontalo dengan menggunakan bis antar kota antar provinsi (AKAP) yang semula pada Senin (11/6) mencapai 14 unit bis atau 375 penumpang, pada Selasa (12/6) menanjak menjadi 17 unit bis atau setara 455 penumpang.

Hal ini dibenarkan Kepala Terminal Tangkoko Bitung, Abdi Karouw, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, Selasa (12/6).

Link Banner

Dalam proses keberangkatan, akunya, para pemudik ini sudah berkumpul sebelumnya di lokasi terminal sejak dini hari sekira pukul 04.30 Wit, dengan maksud untuk menaikkan barang bawaannya ke bagasi bis yang akan ditumpanginya.

Baca Juga  Kapolres Halsel Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kabagops

Dijelaskannya, khusus untuk pemudik dengan tujuan Kotamobagu, Bolaang Mongondow (Bolmong), Minahasa Selatan (Minsel), Minahasa Tenggara (Mitra), Minahasa dan Manado sudah mencapai 97 unit bis atau setara 2406 penumpang.

Menurutnya, petugas UPTD Kementerian Perhubungan intensif memeriksa angkutan sejak, baik bis antar provinsi maupun antar kota dalam provinsi, sejak Senin (11/6), dengan tujuan menjaga kenyamanan penumpang mudik.

Dimana, semua kendaraan/bis yang hendak melakukan perjalanan mudik ini sudah diperiksa dan laik jalan, sehingga tidak perlu dikhawatirkan termasuk kondisi sopir dan kondektur yang bertugas mengendarainya.

Ditambahkannya, memudahkan pelayanan Lebaran 2018 ini, pemerintah jugt menyiapkan Pos Pelayanan Idul Fitri yang di dalamnya beranggotakan 8 petugas Dinas Perhubungan, 2 anggota TNI dan 2 anggota Polisi yang akan bertugas menjaga pos dimaksud secara bergantian 1 x 24 jam. (guls)