Kanwil Kemenag Maluku Gelar Upacara HAB Kemenag ke 75

oleh -3 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku menggelar Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke 75 tahun 2021 di Aula Lt. III Kanwil Kemenag Maluku, Selasa (5/1).

Kegiatan yang berlangsung sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri oleh Sekda Maluku selaku Inspektur Upacara, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag, pimpinan tokoh lintas agama, Kakankemenag Kota Ambon Zain Firdaus Kaisupy, pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku, Kakankemenag Kabupaten dan Kota yang mengikuti upacara secara virtual, mantan Kakankemenag Kab. Bursel Usman Bahta, Ketua DWP Kanwil Kemenag Maluku Ny. Maimuna Bugis beserta pengurus, dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga  Omongan Rizal Ramli Terbukti Lagi: Track Record Ahok Memang Payah!
Penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya oleh Sekda Maluku kepada Kabid PHU  Kanwil Kemenag Maluku Yamin

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Maluku Kasrul  Selang mengatakan, peringatan HAB Kemenag tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. 

“Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia,” ujarnya.

Untuk itu Kasrul mengajak seluruh pihak untuk menjadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” tukasnya

Baca Juga  Saat Indonesia Pasrah

Dalam kesempatan tersebut, Kasrul mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat ini diterjemahkan dalam tiga hal yakni manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan moderasi beragama dan persaudaraan umat beragama.

Pada kesempatan tersebut melalui sambutan Menteri, Kasrul juga mengajak umat beragama untuk mengedepankan akal sehat serta hikmah dan kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan.

“Karenanya, Kemenag terus menyerukan moderasi beragama agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari bangsa kita,” ujarnya.

Upacara peringatan HAB ke 75 juga dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya oleh Sekda Maluku kepada Wahyudin Kaliky, Kasi Administrasi Dana Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Maluku, H. Yamin Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku dan Zubaidah Salampessy Guru MIN 2 Ambon.

Baca Juga  Pilkada Halsel: Usman-Bassam Luncurkan Atribut

Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan oleh Kakanwil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag kepada pemenang lomba 8 area perubahan dan kode etik Kemenag RI, Kepala Madrasah Inspiratif dan Guru Madrasah Inspiratif, Kompetisi Sains Madrasah Online, Realisasi dan Anggaran Terbaik, Kepala Madrasah dan Guru Madrasah Inspiratif tingkat Nasional serta pemberian bingkisan kepada Mantan Kakankemenag Kab. Bursel Usman Bahta. (alena/imas /rs)