Kapolda Malut Akui Sudah Tegur Anak Buahnya di Polres Kepulauan Sula Terkait Kasus Humor Gus Dur

oleh -766 views
Link Banner

Porostimur.com | Termate: Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara, Irjen Pol. Rikwanto mengaku telah memberi teguran kepada personil Polres Kepulauan Sula terkait pemanggilan Ismail, warga Sanana yang mengunggah humor Gus Dur tentang ‘polisi jujur’ di Facebook.

Diketahui kasus ini selain mendapat putri Gus Dur, Alissa Wahid, juga menjadi perhatian sejumlah petinggi partai di Jakarta dan Komisi III DPR RI.

“Setelah saya dalami dengan Kapolresnya, dengan anggota yang memeriksa, dan objek yang dipermasalahkan, saya anggap itu kurang tepat. Jadi yang dilakukan oleh Polres Sula itu kurang tepat,” tegas Rikwanto, Kamis (18/6).

Melansir kumparan.com, Rikwanto bilang yang dimaksud dalam lelucon itu sifatnya hanya ‘memecut’, dan kelakar itu sudah menjadi milik publik, serta tak memiliki nilai-nilai yang mencoreng institusi.

“Jadi prinsipnya, kepada Polres Sula, terutama pada anggota reskrim yang kebetulan menemukan itu di facebook, saya sudah tegur,” katanya.

Baca Juga  Tujuh Rekor Nasional Terpecahkan di Kejurnas Atletik 2019

Tak hanya itu, Rikwanto juga mengaku sudah memerintahkan kepada Ditkrimsus untuk memberikan petunjuk dan arahan (Jukrah) kepada jajarannya agar bisa membedakan mana informasi yang bisa dikategorikan melanggar UU ITE dan informasi yang merupakan sebuah kritikan.

“Yang ditulis Mas Ismail itu bukan masalah, bukan masuk dalam kategori yang perlu diberikan atensi oleh kepolisian,” tuturnya.

Saat ini, kasus yang menimpa Ismail sudah hentikan. Rikwanto bilang, Ismail mengaku hanya sekadar suka saja menulis status tersebut.

“Dan memang ini tindakan kurang tepat oleh anggota dalam mencerna informasi di media sosial,” tandasnya. (red/rtm/kump)