Kapolres Malteng, Rositah Umasugi Rangkul OKP

oleh -39 views
Link Banner

Porostimur.com | Masohi: Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi terus merangkul berbagai organisasi kepemudaan dan lembaga di Kabupaten Maluku Tengah. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanan di Maluku Tengah.

Orang nomor satu di Polres Maluku Tengah itu, menerima kunjungan silaturahmi dari Independent Public Watch (IPW), salah satu lembaga yang selama ini menjadi pemantau dari kinerja seluruh instansi pemerintah termasuk kepolisian di kabupaten Maluku Tengah.

Kapolres Rositah Umasugi mengaku, berterima kasih atas kunjungan dari pimpinan dan pengurus lembaga tersebut. Menurutnya, silaturahmi ini merupakan awal dari adanya kerjasama IPW dengan jajaran Polres Maluku Tengah, dalam menjaga situasi, keamanan maupun dalam upaya penegakan hukum, sesuai dengan tupoksi kepolisian di kabupaten Maluku Tengah.

Baca Juga  Siap Aksi Besar Tolak RUU HIP, MUI: Hidup Mulia atau Mati Syahid

“Silahturahmi yang dilakukan ini untuk membangun kerja sama antara kedua kelembagaan, kedepannya agar bekerja sama dalam menjaga situasi kamtibmas di Maluku Tengah ini, termasuk membantu kita dalam upaya penegakan hukum,”kata Kapolres dihadapan ketua dan pengurus IPW Maluku Tengah, diruang kerja Kapolres.

Link Banner

Polwan berkerudung ini menambahkan, pihaknya akan menampung dan melaksanakan berbagai masukan dari organisasi tersebut.

“Diharapkan saran dan masukan dari rekan-rekan IPW sekalian untuk dapat membantu Polres Maluku Tengah, dalam melaksanakan tugas kedepan. Intinya, penegakan hukum jajaran Polres Maluku Tengah akan disesuaikan dengan koridor yang berlaku,” tegas perwira ASAP Kepulauan Sula ini.

Sementara itu, Direktur IPW Maluku Tengah, Syawal mengatakan, sebagai lembaga independent, pihaknya akan siap melakukan kerjasama disamping memantau setiap proses hukum yang dikerjakan oleh Polres Maluku Tengah

“Kami akan bertindak sebagai mitra sekaligus sebagai pengawas terhadap kinerja Polres dalam hal penegakan supremasi hukum,” kata dia.

Baca Juga  AbsurdNation, Musisi Jazz yang Karyanya Eksis Hingga Italia

IPW lanjut Syawal juga, menyarankan kepada Polres Maluku Tengah agar membentuk maupun membangun komunikasi dengan masyarakat yang dimulai dari rumah-rumah ibadah.

“Kita sarankan agar dibentuk relasi dari awal, yang dimulai dari masjid dan gereja, kemudian dilanjutkan ke tokoh-tokoh pemuda, sebagai bentuk dukungan terhadap kinerja Polres Maluku Tengah kedepan,” paparnya.

Selain Syawal, Ketua Bidang Data dan Riset IPW, Fadly Pane mengaku, jika pihaknya masih menemukan banyaknya kinerja anggota Bhabinkamtibmas dilapangan yang belum maksimal sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Olehnya itu, dengan momentum silaturahmi ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi ibu Kapolres.

“Kinerja Bhabinkamtibmas dilapangan belum maksimal, diharapkan kedepannya agar  lebih ditingkatkan lagi. Kemudian soal penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD), IPW siap membantu Polres Maluku Tengah untuk melakukan pengawalan secara bersama-sama,” tuturnya.

Baca Juga  Bamsoet Dinilai Tepat Pimpin Golkar

Dakhir silaturahmi itu, Ketua Bidang Advokasi dan Kerjasama IPW, Rais Mahu menyerahkan, laporan kinerja lembaga tersebut, kepada Kapolres Maluku Tengah AKBP Rositah Umasugi.

“Kami dari IPW akan menyerahkan bentuk kegiatan dalam bentuk dokumen kepada Polres Maluku Tengah, semoga dapat membantu kinerja Polres Maluku Tengah kedepan,” kunci Rais. (andi/hp)