Kapolres Rosita Umasugi & FKUB Malteng Imbau Warga Taati Protokol Kesehatan

oleh -34 views
Link Banner

Porostimur.com | Masohi: Upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah, termasuk jajaran Kepolisian Resort (Polres) Maluku Tengah, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Maluku Tengah, di Kota Masohi.

Salah satu kegiatan pencegahan penyebaran virus mematikan itu, yakni melakukan himbauan edukasi langsung terhadap warga masyarakat tentang Protokol Kesehatan dalam rangka Adaptasi Kebiasaan Baru masa pandemi Covid-19, di Kecamatan Kota Masohi.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rosita Umasugi yang dihadiri oleh pimpinan FKUB Maluku Tengah, di Kota Masohi, Ahad (23/8/2020).

“Kita mulai memberikan himbauan kepada masyarakat terutama masyarakat yang berjualan maupun pengunjung di Masohi Plaza (Maplaz), agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebab protokol kesehatan ini peting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, termasuk jugauntuk menuju adaptasi kebiasaan baru bagi warga,” kata Kapolres, kepada media pers disela-sela kegiatan tersebut.

Link Banner

Menurut kapolres wanita pertama di Maluku ini, tidak saja warga dan pengujung yang ada di pusat perbelanjaan terbesar di Masohi itu, tetapi juga warga dan Pedagang Kaki Lima (PKL) di pasar maupun terminal Binaiya Masohi, yang kedapatan tidak menerapkan prtokol kesehatan terutama penggunaan masker.

Baca Juga  Selain Bertambahnya Jumlah TPS, KPU Halsel Juga Membutuhkan APD Covid-19 Jelang Pilkada 2020

“Dalam kegiatan himbauan ini, kita temui masyarakat yang tidak memakai masker kemudian kita dibagikan bahkan langsung pakaikan. Bukan saja di dalam Maplaz tetapi juga di terminal, kemudian di pasar sendiri juga banyak yang memang belum mematuhi protokol kesehatan itu,” ungkap Kapolres.

Orang nomor satu di Polres Maluku Tengah itu juga mengingatkan, penjual maupun pembeli, kemudian para pengayu becak, sopir angkutan, dan warga yang ditemui untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, physical distancing, dan hindari kerumunan guna menuju adaptasi kebiasaan baru.

“Khususnya bagi para sopir angkut agar dalam aktivitas sehari-hari tetap mengingatkan kepada penumpang agar tetap menggunakan masker.  Kemudian pengayu (abang) bejak juga kita ingatkan mereka agar pakai masker. Bagi pemilik kios dan lapak yang berada di sekitarnya lokasi terminal Binaya Masohi, agar tetap memperhatikan kebersihan lingkungan dari kios sendiri dan mengingatkan kepada masyarakat (pembeli) untuk memakai masker,” imbuh Kapolres.

Baca Juga  Air Mata Untuk Putra

Umasugi kembali menegaskan, jika pencegahan dan pemberantasan covid-19 di Kabupaten Maluku Tengah, bukan tanggungjawab pemerintah sendiri melainkan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat.

“KIta akan selalu mengajak masyarakat untuk sama-sama patuhi protokol kesehatan untuk menuju adaptasi kebiasaan baru di Maluku Tengah, khususnya Kota Masohi. Sekali lagi penanganan Covid-19 bukan tanggungjawab pemerintah saja, tetapi tanggungjawab kita semua,” pungkas mantan Kabag Binops Ditlantas Polda Maluku. (keket)