Kepala BNPB Pastikan Ada Penggantian Aset Warga Korban Erupsi Gunung Ibu

oleh -12 views
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat menemui warga korban erupsi Gunung Api Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Kamis (30/5/2024). (Foto: BNPB)

Porostimur.com, Jailolo – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, memastikan pemerintah pusat dan daerah akan memberikan penggantian aset warga yang rusak akibat bencana erupsi Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Suharyanto mengatakan, untuk nominal penggantian aset bervariasi. Salah satunya Rp15 juta bagi rumah yang mengalami rusak ringan.

“Bagi aset masyarakat yang rusak, pemerintah pusat punya mekanisme perbaikan dan penggantian, untuk rumah rusak ringan Rp15 juta, rusak sedang Rp30 juta dan rusak berat Rp60 juta,” ujar Suharyanto, Jumat (31/5/2024).

Dia mengungkapkan, warga terdampak bencana juga akan dicarikan mata pencarian baru.

“BNPB akan mengoordinasikan dengan kementerian atau lembaga dan juga pemerintah daerah terkait,” katanya.

Baca Juga  Pusdiklat Kemlu Dukung Pengembangan Kapasitas SDM Museum Siwalima Ambon

Lebih jauh, Kepala BNPB memberikan kesempatan bagi pemerintah daerah jika dirasa perlu adanya relokasi bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana untuk pindah ke tempat lebih aman.

“Masyarakat yang takut dan trauma bisa dilayani Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat untuk didata. Seandainya harus pindah, harus relokasi dan mungkin punya tanah di tempat lain, di luar area yang dilarang, itu boleh. Nanti pemerintah pusat yang akan bangunkan rumahnya,” ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.