Ketua Pansus Bantah Penolakan LKPJ Gubernur Maluku

oleh -64 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ketua Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun mengatakan bahwa LKPJ Gubernur Maluku Tahun 2020 itu tidak ditolak, namun hanya dikembalikan untuk diperbaiki.

“Jadi bukan ditolak oleh DPRD Provinsi Maluku, tetapi dikembalikan dokumennya untuk diperbaiki”, tegasnya kepada awak media di Kantor DPRD Provinsi Maluku, Rabu (5/5/2021).

Menurut Watubun, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 13 Tahun 2019 dan juga Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2020 itu, tidak ditemukan satu pasal pun yang menyatakan menolak dan menerima LKPJ Gubernur baik itu LKPJ akhir tahun atau LKPJ akhir masa jabatan, yang ada yaitu DPRD memberikan rekomendasi.

Baca Juga  Pansus LKPJ DPRD Provinsi Maluku Gelar Rapat Terkait Jadwal Pembahasan LKPJ Gubernur Maluku 2020

Watubun menjelaskan, dalam dokumen LKPJ tersebut masih terdapat kekurangan, sehingga dikembalikan untuk diperbaiki dan diberi waktu perbaikan hingga selesai Idul Fitri.

Link Banner

“Ada isi yang disajikan oleh pemda itu yang masih kurang, dan kurang itu yang diminta pansus untuk di perbaiki, dan kita beri waktu sampai selesai Idul Fitri”, paparnya.

Dirinya menuturkan, setelah proses perbaikan tersebut selesai, DPRD melalui pansus akan menyampaikan Daftar Isian Masalah (DIM) sebagai rangkuman dari pandangan-pandangan fraksi dan isian masalah dari komisi-komisi.

“Jadi dari rangkuman tersebut nantinya akan menjadi DIM DPRD dan nanti selanjutnya akan di jawab. Jadi saya minta, untuk kita luruskan pemberitaan-pemberitaan yang konteksnya kemudian dapat dipelintir, sehingga bisa membuat kita dalam hubungan-hubungan yang tidak nyaman. Padahal yang dimaksudkan oleh teman-teman pansus, itu dikembalikan untuk diperbaiki. Jadi bukan ditolak. Yang ada adalah kita melahirkan rekomendasi DPRD, kemudian rekomendasi itu akan ditindak lanjuti oleh Gubernur dan seluruh jajarannya,” ujar Watubun. (alena)