Koramil 1508-06/Bere Bere Bersama Mahasiswa Tanam Mangrove di Morotai Utara

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com | Daruba: Sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan, banyak cara bisa dilakukan misalnya saja melalui penanaman pohon. Salah satu bentuk kepedulian Koramil 1508-06/Bere Bere yakni dengan ikut serta dalam kegiatan Penanaman Mangrove oleh Mahasiswa KKN Tematik Institut Agama Islam Negeri Ternate Tahun 2021 di Pemakaman Umum Desa Maba, Kec. Morotai Utara, Kab. Pulau Morotai, Minggu (25/04/2021).

Danramil 1508-06/Bere Bere Lettu Inf  Matias P. Lesnusa mengatakan, melalui kegiatan penanaman ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar untuk keamanan wilayah pesisir pantai, dengan mengurangi dampak dari terjadinya abrasi.

Kepedulian dan aksi nyata terhadap lingkungan akan menginspirasi kalangan muda untuk mau terlibat aktif. “Generasi mudalah yang harus bergerak dan melakukan perubahan untuk lingkungan yang lebih baik,” terangnya.

Baca Juga  Media Asing Bilang Indonesia Bakal Ada di Jurang Pandemi Corona

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, kegiatan ini harus terus dilakukan dalam menjaga kelestarian alam, sehingga ke depan diharapkan penanaman pohon Mangrove dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Sementara Sucipto Kolono selaku kordinator Desa sekaligus kordinator Kecamatan mengatakan, ada beberapa program kerja yang kami jalankan di desa Bere-Bere, salah satunya yaitu program kerja penanaman mangrove sekaligus ini menjadi program prioritas teman-teman mahasiswa KKN Tematik Tahun 2021 dengan tema “Reboisasi sebagai upaya pelestarian dan pengembalian fungsi ekologi daerah pesisir pantai”.

Harapanya terlepas dari kembalinya kami di kampus Institut Agama Islam Negeri Ternate penanaman mangrove dapat berjalan dengan baik, tentu harus ada masyarakat dan pihak-pihak yang terkait untuk mengontrol pertumbuhan mangrove. 

Baca Juga  Watchdoc Menang Penghargaan Gwangju Prize for Human Rights 2021

“Keterlibatan TNI dalam penanaman mangrove adalah bentuk inisiatif dan semangat dari teman-teman mahasiswa agar menjadikan TNI sebagai mitra kerja/kerja sama, agar mampu mensukseskan kegiatan penanaman kami, agar TNI dan Mahasiswa selalu dekat”, tambahnya.

“Kami bangga terhadap TNI yang sudah meluangkan waktu membantu kami mahasiswa sehingga tersuksesnya kegiatan ini. Harapanya TNI selalu mengambil peran dalam kegiatan-kegiatan masyarakat”, katanya. (sarjan)