Kukuhkan 56 PNS, Kakanwil Kemenag Malut Tegaskan, Tugas Utama Kemenag Adalah Pembinaan Umat Beragama

oleh -76 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Tugas utama Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama adalah melayani Umat beragama, selaku ASN Kemenag kita dituntut harus terus memfasilitasi, Memotivasi dan memberikan pemahaman agar umat beragama dapat menjalankan ajaran agamanya dengan baik dan benar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe pada kegiatan pengukuhan dan pengambilan Sumpah pada 56 ASN yang dilangsungkan di Aula Kanwil Kemenag Maluku Utara pada Selasa (17/3/2020).

Kakanwil mengingatkan kepada ASN bahwa, salah satu isu strategis Kementerian Agama adalah mengawal NKRI agar tetap utuh.Untuk itu, Ia berharap agar tidak melakukan tindakan yang terkesan ekstrim kiri maupun ekstrim Kanan, namun harus mengambil jalan tengah (Moderasi).

Baca Juga  Dibobol Maling, 1 buah Laptop Dinas Koperasi SBB Raib

“Kita harus mampu memberikan pemahaman tentang pentingnya Moderasi beragama kepada masyarakat, Moderasi Beragama adalah mengambil jalan tengah dimana tidak ekstrim kanan maupun ekstrim kiri”, jelasnya.

H. Sarbin menyebutkan, walaupun kita diperhadapkan dengan Tusi yang berbeda-beda baik di pendidikan, Bimas Islam, Kristen, Hindu Budha, perencanaan dan seterusnya, namun kita harus mampu menjadi teladan dan model Keberagamaan untuk terus memberikan penguatan Nilai di tengah-tengah masyarakat.

“Bagaimana kita menjadi contoh dan teladan yang baik untuk mengajak orang ke Masjid, ke Gereja dll, Namun kita tidak melakukannya, bgmana kita mengajarkan tentang Nilai, namun Aplikasinya tidak ada, maka yang harus dilakukan adalah keteladanan kita dalam tataran Aplikasi” jelasnya.

Baca Juga  Polres Haltim Sertijab Kasat Intelkam & Kapolsek Wasile dengan Protokol Kesehatan

Selain itu, dirinya juga berharap Agar ASN Kemenag harus mampu menjadi batu Bata perdamaian dan kerukunan bagi Umat beragama dimana dan kapanpun Ia berada.

Terakhir Mantan Kepala Kantor Kemenag Kota Tidore Kepulauan ini berharap terkait Wabah Covid-19 (Virus Corona) yang hampir sudah mendunia ini, Agar disikapi dengan terus melakukan langka Ihtiar, namun dirinya meminta selaku orang yang beragama dan beriman, jangan disikapi dengan terlalu berlebihan namun perlu adanya penguatan Nilai-nilai Agama yakni dengan terus berdoa dan memohon Kepada Allah SWT, Tuhan yang maha Kuasa agar Wabah yang meresahkan dunia ini bisa cepat berakhir.

Hadir dalam kegiatan ini, sejumlah pejabat Eselon III dan IV Kanwil, ASN Kanwil serta 56 ASN yang baru dikukuhkan. (red/inmas)