Lagi Ramai Kudeta, ini 7 Film Konspirasi Politik yang Wajib Kamu Tonton

oleh -31 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kita hidup di zaman ketika semua hal dikaitkan dengan teori konspirasi. Demi menghibur diri dari kondisi hidup yang sulit, beberapa orang terkadang membuat realita alternatif yang bersangkutan dengan teori konspirasi. Hebatnya, Hollywood sudah mengetahui tren ini sejak lama

Ada banyak film thriller konspirasi yang bagus dari Hollywood, terutama yang berbau politik. Tentunya, tidak semua film dapat menjadi “santapan” yang layak untuk berbagai kalangan audiens. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa film keren tersebut. Jika kalian bukan orang yang mudah paranoid, langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

1. The Manchurian Candidate (1962) 

Disutradarai oleh John Frankenheimer dan diangkat berdasarkan novel karya Richard Condon, The Manchurian Candidate adalah film klasik terbaik dari genre thriller konspirasi. Film ini mengisahkan Bennett Marco (Frank Sinatra), seorang Intelijen Amerika yang mulai menyadari kalau hidup temannya, Raymond Shaw (Laurence Harvey), sedang dalam bahaya.

Film klasik yang mencekam ini dibuat ulang pada tahun 2004 dengan alur cerita yang baru. Alih-alih komunis, sosok antagonis di dalamnya justru digantikan oleh sebuah perusahaan jahat. Meski dibintangi oleh Denzel Washington, Liev Schreiber, dan Meryl Streep, film ini tidak surealis seperti aslinya.

2. The Parallax View (1974)

The Parallax View adalah salah satu film thriller konspirasi politik yang paling menakutkan sepanjang masa. Plot film ini mengikuti kehidupan Joe Frady (Warren Beatty), seorang reporter surat kabar yang dikejutkan dengan kematian mantan pacarnya, seorang jurnalis TV bernama Lee Carter (Paula Prentiss).

Baca Juga  Sebar Hoax, PT. TUB Laporkan Yosafat ke Polisi

Frady pun mulai menyelidiki kematian Carter dan mengungkap keberadaan organisasi misterius bernama Parallax Corporation, yang mungkin berada di balik kematian mantan pacarnya. Tidak ada seorang pun yang aman di dalam film ini, dan menontonnya akan membuat kalian semakin paranoid.

3. All the President’s Men (1976)

“Apakah kita sedang dijebak?” tanya seorang reporter Washington Post bernama Bob Woodward (Robert Redford) dalam salah satu adegan di film ini.

Dirilis dua tahun setelah Richard Nixon mengundurkan diri dari jabatannya, All the President’s Men menceritakan peristiwa yang menyebabkan pengunduran diri itu, yang disebut Skandal Watergate. Salah satunya adalah plot yang dibuat oleh Nixon sendiri untuk menyabotase calon presiden dari Partai Demokrat.

All the President’s Men adalah film thriller konspirasi yang paling mengerikan karena plot di dalamnya masih relevan hingga saat ini. Film ini bukan hanya tentang jatuhnya presiden Amerika yang korup, tetapi juga tentang pentingnya pers yang bebas dan pencarian kebenaran yang tiada henti dari orang-orang di dalamnya.

4. JFK (1991) 

JFK adalah masterpiece buatan Oliver Stone, dan bisa dibilang menjadi “ibu” dari semua film konspirasi politik. Plot film ini mengikuti salah satu peristiwa paling signifikan di tahun 1960-an, yakni pembunuhan John F. Kennedy, lalu memutarnya menjadi sejarah alternatif dari masa yang bergejolak itu.

Baca Juga  Bawaslu Malut Putuskan Tak Terima Laporan Dua Paslon Pilkada

Lingkup konspirasi yang dibayangkan oleh Stone sendiri sangat menakjubkan. Dalam film ini, Kevin Costner berperan sebagai Jim Garrison, seorang mantan jaksa agung Amerika yang menyadari kalau semua yang dia percayai tentang negaranya adalah salah.

Setelah menonton film ini, kalian akan mendapatkan pelajaran berharga, yaitu jangan pernah percaya sesuatu begitu saja tanpa verifikasi terlebih dahulu. Mengingat tema yang diusungnya, JFK  menjadi salah satu film yang terus diperdebatkan sampai saat ini.

5. Conspiracy Theory (1997) 

Judulnya sendiri sudah menyinggung teori konspirasi. Dalam film arahan Richard Donner ini, Mel Gibson berperan sebagai Jerry Fletcher, seorang sopir taksi dan ahli teori konspirasi. Ketika sedang bekerja, ia terus mengoceh tentang pemikiran paranoidnya pada seorang pengacara cantik bernama Alice Sutton (Julia Roberts).

Namun, apa jadinya jika semua plot konspirasi yang dia ocehkan ternyata benar? Dan, apa yang akan terjadi pada dirinya dan Alice jika mereka terjebak di tengah situasi yang berbahaya? Singkatnya, itulah inti dari Conspiracy Theory, yang menunjukkan penampilan luar biasa dari Roberts dan Gibson.

6. Wag the Dog (1997)

Sebagian besar film-film di daftar ini cukup suram. Jadi, mari kita meringankan suasana dengan menonton Wag the Dog, film komedi hitam buatan sutradara Barry Levinson yang bisa dibilang cukup absurd. Uniknya lagi, film ini berhasil meramalkan peristiwa yang akan terjadi.

Baca Juga  Mantan Pelatih Timnas Rahmad Darmawan Merapat ke Demokrat

Untuk mengalihkan perhatian publik dari skandal seks presiden beberapa minggu sebelum pemilihan, konsultan politik Conrad Brean (Robert De Niro) menyewa seorang produser Hollywood, Stanley Motss (Dustin Hoffman), untuk membuat plot perang palsu dengan Albania.

Sebulan setelah Wag the Dog rilis, Bill Clinton terlibat dalam skandal dengan Monica Lewinsky, tepat ketika ia meluncurkan pengeboman besar-besaran ke Sudan, Irak, dan Kosovo (negara yang tepat berada di sebelah Albania). Kebetulan? Penulis rasa tidak.

7. Enemy of the State (1998)

Sutradara Tony Scott mengisahkan plot konspirasi dalam film ini melalui mata Robert Clayton “Bobby” Dean (Will Smith), seorang pengacara yang hidupnya terbalik ketika dituduh telah menyimpan video yang berisi rekaman pembunuhan seorang anggota kongres.

Dijebak, Dean harus berjuang untuk merebut kembali hidupnya dengan bantuan seorang ahli komunikasi misterius bernama Lyle (Gene Hackman). Ada sebuah teori yang menunjukkan kalau Hackman memainkan karakter yang sama—seorang pengawas paranoid—seperti yang ia mainkan dalam film The Conversation.

Terlepas dari fakta kalau teori itu cukup menyenangkan untuk direnungkan, Enemy of the State adalah sebuah film thriller yang menegangkan dan banyak membahas tentang NSA, keamanan nasional, dan kebijakan privasi di Amerika.

Nah, itu tadi tujuh film tentang konspirasi politik yang seru abis. Bagaimana, tertarik untuk menonton semuanya? Atau takut merasa paranoid setelah menonton salah satunya?

(red/IDNtimes)

No More Posts Available.

No more pages to load.