Laporkan Perkembangan Desa Kerukunan, FKUB Halbar Temui Kakanwil Kemenag Malut

oleh -92 views
Link Banner

Porostimur.com | Sofifi: Kakanwil Kemenag Malut, H. Sarbin Sehe, menerima kunjungan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Halmahera Barat, Rabu (18/3/2020) kemarin di ruang tamu kediaman Kakanwil, Kompleks Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara Sofifi,

Pertemuan yang lebih bersifat ramah tamah dalam suasana kekeluargaan tersebut banyak membahas tentang perkembangan kerukunan dan upaya-upaya menjaga toleransi serta perkembangan realisasi desa kerukunan di Kabupaten Halmahera Barat.

Ditemui awak humas seusai pertemuan, Ketua FKUB Halmahera Barat, Justinus Rahai Loren mengatakan bahwa, tujuan kedatangannya bersama rombongan adalah untuk melaporkankan dan meminta petunjuk sekaligus koordinasi terkait program nasional pembangunan desa kerukunan, dimana sudah dari tahun kemarin pihak Kanwil Kemenag Maluku Utara mendesak untuk direalisasikan, akan tetapi dikarenakan adanya kendala teknis di lapangan, hingga baru tahun 2020 ini Desa Kerukunan di Kabupaten Halmahera Barat dapat terwujud.

Baca Juga  Didukung Partai Gelora, MHB-GAS Siap Gelorakan Kemenangan di Pilwakot Ternate

Justinus menjelaskan lebih lanjut bahwa Desa Kerukunan tepatnya di Desa Braha Kecamatan Jailolo Selatan, akan diresmikan pada tanggal 02 April 2020 nanti.

Terpilihnya Desa Braha menjadi Desa kerukunan melewati tahap yang panjang dimana sebelumnya telah diteliti, dievaluasi dalam pemilihan desa yang secara representatif mewakili banyak agama dan kelompok.

Lebih lanjut Ketua FKUB Halbar menjelaskan di depan Kakanwil ia mengungkapkan keinginannya setelah Desa Kerukunan terbentuk agar ada pengembangan dalam hal pemberdayaan perekonomian warga masyarakatnya, dan menurutnya Kakanwil sangat setuju dan akan mendukung rencana tersebut

“Saya akan mendukung dengan mengupayakan bantuan pemerintah yang disalurkan melalui Kanwil Kemenag Malut, dan hal tersebut termasuk program kami di Kanwil”, ucap Justinus menirukan Kakanwil.

Ketua FKUB juga menyampaikan terima kasih kepada H. Sarbin karena ditengah kesibukannya meluangkan waktu menerima rombongannya dan menjelaskan bahwa Kakanwil pun mengucapkan terimakasih kepadanya dan seluruh rombongan seraya berpesan bahwa kita semua menjadi batu bata untuk menyusun bangunan kerukunan negeri ini, dan hanyalah kerukunan kunci kita agar dapat melakukan segala sesuatu dalam upaya membangun negeri ini.

Baca Juga  Kabel optik putus, jaringan komunikasi Papua-Papua Barat lumpuh

Terakhir Ketua FKUB mengungkapkan kesan atas kunjungannya, bahwa Kakanwil dalam pertemuan tadi luar biasa, “Beliau kebapakan sekali dan beliau seorang yang sangat perduli, sangat memperhatikan arti penting sebuah kerukunan, terakhir Kakanwil berpesan kepada kami, jangan kita bosan, jangan kita capek, tapi yang namanya perjuangan untuk kerukunan, kedamaian dan kemakmuran masyarakat itu kita harus all out”, jelasnya bersemangat. (red/inmas)