LPM IAIN Kendari dan LPM IAIN Ambon Jalin Kerjasama Terkait Peningkatan Tata Kelola Mutu

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kendari melakukan benchmarking ke IAIN Ambon terkait pengelolaan mutu Institusi. Kunjungan ini dilaksanakan selama tiga hari, 25 – 27 Oktober 2021.

Ketua LPM IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, MA menjelaskan, pihaknya memilih IAIN Ambon sebagai mitra didasari oleh keyakinan bahwa perlu adanya sinergitas antara PTKIN wilayah Indonesia Timur dalam membangun mutu institusi.

Kedatangan LPM IAIN Kendari juga dalam rangka penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait Peningkatan Mutu Tata Kelola Kelembagaan untuk kedua lembaga  terkait.

“Jika selama ini PTKIN daerah Jawa dan Sumatra selalu dijadikan bahan rujukan pembelajaran maka sekarang sudah saatnya kita mulai melirik PTKIN dari wilayah timur untuk sama-sama membangun sinergitas dalam mengelola mutu demi mencapai predikat unggul yang menjadi tujuan bersama ” tutur Koordinator Forum LPM PTKIN wilayah timur ini.

Kerjasama kedua lembaga ini terkait tata kelola mutu, pendidikan dan pelatihan yang akan menunjang kualitas institusi, penyusunan bersama dokumen mutu, pelaksanaan sharing auditor untuk peningkatan mutu Audit Mutu Internal, kerja sama dalam sertifikasi ISO serta kegiatan lain yang berhubungan dengan peningkatan penjaminan mutu institusi.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Maluku Tenggara

Menurut Asliah, LPM IAIN Kendari memiliki mimpi besar untuk meningkatkan mutu PTKIN di wilayah regional Timur Indonesia. Hal ini dapat diwujudkan dengan kolaborasi program antar PTKIN di regional Indonesi Timur secara bertahap.

Sementara itu, Kepala Biro IAIN Kendari, Dr. Basman, M.Ag yang juga turut hadir dalam penandatanganan PKS ini memberikan dukungan atas kesepakatan kegiatan yang akan dilaksanakan.

“PTKIN wilayah Indonesi Timur harus saling menguatkan antara satu sama lain, saling mempelajari kekurangan dan kelebihan antara kedua lembaga. Sinergitas potensi dari masing-masing lembaga sangat diperlukan guna memperoleh pengalaman bersama dalam kegiatan penjaminan mutu dan peningkatan mutu lembaga” paparnya.

Menanggapi hal ini Ketua LPM IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano, M.Ag menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dan kepercayaan LPM IAIN kendari sebagai mitra tata kelola mutu.

Baca Juga  Cristiano Ronaldo Menuju 2021 dengan Misi CR800

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Sharing Session antar auditor dengan melibatkan auditor IAIN Kendari dalam kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang sedang dilaksanakan oleh IAIN Ambon. Hal ini menjadi langkah kongkrit dalam menindaklanjuti nota kesepahaman bersama antara kedua lembaga. (nur)