LSM Asing Soroti Suku Asli Hongana Manyawa di Halmahera Minta Makan ke Pekerja Tambang

oleh -155 views
Suku Hongana Manyawa di Halmahera. Foto: Survival International

Porostimur.com, Jakarta – Viral video suku pedalaman di Indonesia yang meminta makanan ke pekerja tambang di sekitar wilayah mereka. LSM Survival International memberikan pernyataan mereka kepada media IFLScience soal kejadian tersebut.

Menurut LSM itu, peristiwa itu melibatkan Hongana Manyawa atau ‘Masyarakat Hutan’. Masyarakat pedalaman itu berada di Halmahera, Maluku. Diperkirakan ada sekitar 300-500 anggota suku yang masih belum berinteraksi dengan dunia luar.

“Kami tidak tahu apakah atau berapa lama mereka akan bertahan setelah pertemuan tersebut. Mereka bisa saja tertular sejumlah penyakit yang mematikan bagi mereka. Atau mereka mungkin kelaparan – alasan mereka keluar dari wilayah mereka adalah karena wilayah mereka yang menyusut tidak dapat memberi makan mereka,” kata Survival International yang membagikan video itu.

Baca Juga  Didukung Perindo, Elang Usung Tagline Lanjutkan Pembangunan Halmahera Tengah

Halmahera merupakan salah satu lokasi cadangan nikel terbesar di dunia yang belum tereksploitasi. Dengan permintaan mobil listrik yang akan semakin meningkat di masa mendatang, operasi pertambangan di Halmahera diperkirakan akan meningkat.

Survival International mengaku telah berkomunikasi dengan orang Hongana Manyawa. Menurut pengakuan LSM ini, anggota suku mengatakan bahwa masyarakatnya mati kelaparan akibat hutan hujan leluhur mereka ditebang untuk pertambangan.