Maksimalkan Akhir Ramadhan, Gema Suba Halsel Gelar Berbagai Kegiatan

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Setelah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan Sejuta Hikmah Ramadahan (SAHARA) 4 seperti pawai Ta’aruf menyambut 1 Ramadhan, perlombaan keagamaan antar Tempat Pendidikan Qur’an (TPQ), serta buka bersama anak yatim sekaligus memperingati Himah Nuzulul Qur’an.

Kegiatan yang dilaksanakan Gema Suba pada penghujung Ramadhan ini meliputi Babaturung Skombor, tatabuang, Buka bersama Anak Yatim, Pimpinan Pondok Pesantren dan kaum dhuafa serta Pawai Obor, Rabu.

Sekretaris Panitia SAHARA 4, Sofyan Pattipawae, S.Pd melalui siaran pers yang diterima, Kamis (13/5/2021) mengatakan bahwa meski kita masih dipapar Pandemi Covid 19, di penghujung Ramadhan ini kami tetap berikhtiar dan berupaya untuk berbuat demi kemashlahatan bagi banyak orang.

“Untuk itu, pada kesempatan ini atas nama panitia saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bpk M. Syakir Ali selaku Kordinator Gema Suba, ketua dan segenap pengurus serta anggota Gema Suba, PT Sinergi Dharma Negeri (SDN), TPQ Assyabab dan juga PT Babang Raya serta semua yang telah bersama- sama dengan kami dalam menyukseskan kegiatan yang sangat strategis ini. Pada buka bersama ini juga kami selipkan dengan penyerahan wakaf Qur’an dan santunan untuk anak yatim dan kaum Dhuafa,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Gema Suba M. Husni Muslim menuturkan bahwa alhamdulillah dengan spirit fastabiqul Khairat (berlomba- lomba dalam kebaikan), selain buka bersama, kami juga melaksanakan ritual babaturung Skombor yang merupakan salah satu tradisi keagamaan Kesultanan Bacan sebagai wujud Syukur akan datangnya hari kemenangan.

Baca Juga  Songsong hari perempuan internasional, KPPI Maluku gelar Malam Ekspresi

Skombor ini beriskan sejumlah panji- panji yang di arak oleh bobato Dun’ya beserta Gema Suba dari Kedaton Sultan Bacan menuju ke Masjid Kesultanan Bacan yang diiringi dengan shalawat dan dzikir.

Skombor ini di jemput oleh bobato Akhirat dan selanjutnya di bawa masuk dan dipasang pada mimbar Khatib yang diiringi dengan Shalawat dikir.

Setelah memasang Skombor pada Mimbar Khatib, Bobato Dun’ya dan Akhirat beserta Gema Suba menuju Tifa Rara (Bedug Utama) dan Gong yang berada di pojok luar Masjid untuk di pukul dengan gerakan yang Khas (Tatabuang).

Selain sebagai hiburan bagi anak- anak,tatabuang merupakan ekspresi kegembiraan yang dikemas oleh para leluhur negeri untuk menyatakan suka cita mereka dalam menyambut hari kemengangan.

Baca Juga  Markus Haluk: Label Teroris Tidak akan Surutkan Perjuangan Bangsa Papua

Selain beberapa agenda dia atas, dalam sambutannya pada upacara pelepasan pawai obor di depan Kedaton Bima, Ketua Gema Suba menyampaikan bahwa meskipun sempat tertahan, namun berkat kesepahaman baik antara Gema Suba dan Tim Satgas Khususnya Ketua Bidang Perubahan Tingkah Laku yang juga sebagai Danramil Bacan, maka akhirnya pawai obor/ ofto ini dapat dilaksanakan meskipun rutenya kita perpendek.

Ompu Jogugu Hi. Mohcdar S. Gani Arif dalam sambutan upacara pelepasan Pawai Obor juga menyampaikan bahwa, atas nama Pribadi dan juga lembaga Kesultanan, kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gema Suba yang begitu luar biasa dalam melestarikan tradisi kesultanan Bacan.

“Atas kebesaran Allah SWT kita dapat berkumpul di depan Kedaton Kesultanan Bacan untuk melepas Ramadan dengan gembira,” ujarnya.

Baca Juga  Tren Aksesori 2021 Menarik yang Siap Jadi Statement Point untuk Gayamu

Pawai Akbar lanjut beliau, yang dilaksanakan malam ini dapat membangun spiritualitas bagi kita yang hadir.

Terakhir dalam kesempatan tersebut beliau berterima kasih kepada tim Covid 19 kabupaten Hal-Sel yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan Pawai ini.

“Api yang kita nyalakan pada malam ini bukan tradisi yang kering dari makna filosofis, namun terdapat banyak makna dan nilai dan salah satu makna dari tradisi ini adalah semoga dengan api yang kita nyalakan ini mampu menyalakan/meningkatkan nilai- nilai spritualitas pada diri kita,” tutupnya. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.