Menurunkan Berat Badan di Usia 40-an Ternyata Mudah, Cukup Terapkan 5 Cara ini!

oleh -50 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Memasuki usia 40-an, seseorang akan jadi lebih dewasa dan bijaksana, lebih percaya diri, serta kesadaran diri juga meningkat. Namun, masih banyak perempuan yang kesulitan membiasakan diri dengan perubahan fisik yang terjadi saat mencapai usia 40-an. Salah satunya terkait berat badan.

Sebenarnya, menurunkan berat badan di usia 40-an bukan hal yang sulit, lho! Merangkum dari Health, berikut 5 cara mudah untuk menurunkan berat badan di usia 40-an. Yuk, simak!

Jangan Kurangi Karbohidrat

Jangan kurangi karbohidrat
Jangan kurangi karbohidrat/Foto: Unsplash.com/Pille R. Priske

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Ketika asupan karbohidrat dikurangi, nutrisi penting dari karbohidrat bagi tubuh juga akan berkurang, serta dapat menimbulkan efek samping seperti sembelit dan kelelahan.

Baca Juga  Seorang Remaja Tantang Umat Muslim Sambil Injak Al-Quran

Pada dasarnya, karbohidrat tidak menyebabkan kegemukan dan di usia 40-an kebutuhan karbohidrat harian tubuh juga menurun. Jadi, daripada mengurangi asupan karbohidrat, lebih baik konsumsi karbohidrat secukupnya dan jangan melampaui kebutuhan bahan bakar tubuh.

Perbanyak Makan Sayur

Banyak makan sayur
Banyak makan sayur/Foto: Unsplash.com/Nadine Primeau

Sebelum konsumsi makanan yang lain, alangkah lebih baik untuk konsumsi sayur terlebih dulu. Hal ini dikarenakan sayur mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin, serta melancarkan pencernaan.

Untuk mendapatkan berat badan yang seimbang, pastikan konsumsi sayur bersama protein tanpa lemak dan karbohidrat sesuai kebutuhan. Berat badan tetap aman, nutrisi tubuh juga tetap tercukupi!

Hindari Minuman Beralkohol

Hindari minuman beralkohol
Hindari minuman beralkohol/Foto: Unsplash.com/Adam Jaime

Menurut penelitian, perempuan yang minum terlalu banyak alkohol memiliki risiko besar mengalami obesitas. Hal ini karena alkohol akan merangsang nafsu makan dan membuat seseorang makan lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Terlalu banyak minum alkohol juga mengganggu kualitas tidur yang akan berpengaruh pada kenaikan berat badan. Jika terbiasa konsumsi alkohol, bisa menguranginya dengan cara bertahap.

Baca Juga  Anitta & Saweetie Berkolaborasi Dalam Banger ‘Faking Love’

Hindari Makanan Olahan

Hindari makanan olahan
Hindari makanan olahan/Foto: Unsplash.com/Hannes Johnson

Penelitian menunjukkan bahwa beralih dari makanan olahan ke makanan utuh dapat meningkatkan pembakaran kalori. Artinya, mengonsumsi makanan utuh dapat membantu menurunkan berat badan tanpa harus memangkas asupan kalori.

Konsumsi Dark Chocolate

Rutin konsumsi dark chocolate
Rutin konsumsi dark chocolate/Foto: Unsplash.com/Charisse Kenion

Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan konsumsi dark chocolate setiap hari dapat menahan keinginan untuk konsumsi makanan manis dan asin. Dark chocolate juga dapat membantu mengurangi stres yang mana menjadi pemicu utama emotional eating.

Lima kotak dark chocolate 70 persen mengandung kurang dari 250 kalori. Namun memiliki antioksidan, serat, magnesium, dan mineral lain yang terkait dengan relaksasi, peningkatan kualitas tidur, dan peningkatan suasana hati.

Baca Juga  Eropa Diprediksi Terkena Gelombang Panas Pekan Depan

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan perempuan usia 40-an dalam menurunkan berat badan atau menjaga keseimbangan berat badan. Selamat mencoba!

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.