5 Alasan Portugal Bakal Melenggang ke Piala Dunia 2022: No Ronaldo, No Party!

oleh -39 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Timnas Portugal harus memainkan dua laga play-off untuk bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Dua laga yang sangat krusial yang mungkin bisa membuat Selecao das Quinas gagal manggung di Piala Dunia.

Laga pertama adalah melawan Turki. Portugal akan berhadapan dengan Turki di play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Jumat 25 Maret 2022 dini hari WIB. Pertandingan ini akan digelar di Estadio do Dragao.

Jika kalah, Portugal gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Jika menang, tim racikan Fernando Santos akan bersua pemenang duel Italia vs Makedonia Utara. Laga kedua itu akan jadi penentu kelolosan ke Piala Dunia 2022.

Portugal punya skuad berkualitas. Turki juga demikian. Nama-nama seperti Burak Yilmaz, Hakan Calhanoglu, Merih Demiral, hingga Caglar Soyuncu. Tapi, Portugal tetap punya kans lolos ke Piala Dunia 2022.

Berikut adalah lima alasan Portugal bakal melenggang ke Piala Dunia 2022:

Lini Serang Mumpuni

Pemain Portugal, Diogo Jota. (c) @selecaoportugal
Pemain Portugal, Diogo Jota. (c) @selecaoportugal

Portugal punya lini serang mumpuni untuk menggempur pertahanan Turki, dan mungkin Italia. Bukan hanya Cristiano Ronaldo, tetapi ada beberapa penyerang lain yang bisa diandalkan Fernando Santos.

Baca Juga  Tahanan Polres Buru Diberi Pembinaan Rohani & Mental

Joao Felix yang melempem di awal musim kini dalam periode yang bagus. Lalu, ada Rafael Leao yang performanya makin matang bersama AC Milan. Leao kini bukan hanya bisa berlari dan menggiring bola, tetapi juga mencetak gol.

Diogo Jota tampil sangat bagus bersama Liverpool. Dia telah mencetak 19 gol untuk The Reds di semua ajang. Lalu, ada penyerang tengah Andre Silva yang mulai tampil konsisten bersama RB Leipzig. Silva telah mencetak 10 gol di Bundesliga.

Pemain Muda Butuh Panggung

Bintang Atletico Madrid, Joao Felix merayakan gol dalam laga versus Manchester United, Kamis (24/2/2022) (c) AP Photo
Bintang Atletico Madrid, Joao Felix merayakan gol dalam laga versus Manchester United, Kamis (24/2/2022) (c) AP Photo

Portugal harus mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2022 Qatar. Sebab, jika tidak, akan ada banyak pemain muda dengan potensi besar yang kehilangan panggung dunia.

Portugal punya pemain muda seperti Tiago Djalo (21), Nuno Mendes (19), Joao Felix (22), dan Rafael Leao (22) yang butuh panggung di Piala Dunia. Mereka tampil sangat bagus bersama klub yang dibelanya.

Tiago Djalo dan Nuno Mendes bermain apik di klub Ligue 1, Lille dan PSG. Khusus untuk Tiago Djalo, namanya diyakini bakal menjadi rebutan banyak klub top Eropa begitu musim 2021/2022 berakhir.

Baca Juga  Prediksi Irlandia vs Portugal: Skenario Portugal Lolos ke Piala Dunia

Skuad Berpengalaman

Pepe cetak gol vs Portugal. (c) AP
Pepe cetak gol vs Portugal. (c) AP

Portugal punya skuad berpengalaman untuk bersaing di play-off Piala Dunia 2022. Skuad yang dibawa Fernando Santos telah bermain bersama untuk waktu yang sangat lama, termasuk ketika juara Euro 2016 lalu.

Joao Moutinho, Bernardo Silva, William Carvalho, Danilo Pereiea, Jose Fonte, Pepe, Cedric Soares, Rui Patricio, hingga Cristiano Ronaldo adalah nama-nama yang menjadi tulang punggung Portugal di Euro 2016.

Dua laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 bakal menjadi beban berat bagi Portugal. Tapi, dengan pengalaman para pemain di atas, rasanya Portugal bisa mengatasi tekanan yang ada dan menunjukkan performa terbaik di atas lapangan.

Gelandang yang Tangguh

Cristiano Ronaldo bersama Bernardo Silva setelah duel Portugal vs Rep Irlandia di kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A. (c) AP Photo/Armando Franca
Cristiano Ronaldo bersama Bernardo Silva setelah duel Portugal vs Rep Irlandia di kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A. (c) AP Photo/Armando Franca

Portugal bukan hanya punya penyerang tajam. Sektor gelandang mereka juga tidak perlu diragukan lagi. Dua nama tampil sangat menonjol yakni Bernardo Silva dan Bruno Fernandes.

Silva menjadi andalan Man City beberapa musim terakhir. Dia bisa memainkan banyak peran di lini tengah. Sementara, Fernandes adalah pemain kreatif yang bisa sangat merepotkan untuk pertahanan lawan.

Baca Juga  Audrey Tapiheru & Henry Gaspersz Ramaikan 'Melomaniac 6th Episode'

Selain itu, ada pemain senior Joao Moutinho yang bisa menghadirkan momen-momen bagus bagi Portugal. Dia belum kehilangan penampilan terbaiknya bersama Wolves walau saat ini berusia 35 tahun.

Tentu Saja, Ronaldo!

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Piala Dunia 2022 punya arti yang sangat penting bagi Cristiano Ronaldo. Dia telah berusia 38 tahun. Jadi, mungkin ini adalah Piala Dunia terakhir bagi sang kapten.

Ronaldo sudah pasti berjuang sangat keras untuk bisa membawa Portugal ke Qatar. Sebab, jika kelak mampu mengantar Portugal menjadi juara Piala Dunia, maka karier sepak bola Ronaldo akan paripurna.

Ronaldo bisa pensiun dengan CV yang bakal sulit ditandingi pemain lain: juara Euro 2016, juara Piala Dunia 2022, meraih banyak trofi pada level klub, dan menjadi top skor sepak bola sepanjang masa. Sempurna!

(red/bolanet)

No More Posts Available.

No more pages to load.