Meski Terkesan Sederhana, Ini Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Supaya Hidup Lebih Bahagia

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Dalam menjalani kehidupan nggak hanya kesehatan fisik yang harus dijaga, namun kesehatan mental juga patut diperhatikan.

Mengingat kesehatan mental sangat berpengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengelola emosi, perasaan, dan jiwa kita. Nah ada beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental yang bisa kita lakukan.

Supaya lebih jelas berikut cara sederhana menjaga kesehatan mental supaya bisa terhindar dari stres dan tekanan. Simak yuk!

Kalau Ada Masalah Ngobrol, Jangan Cuma Dipendam Sendirian

Kalau Ada Masalah Ngobrol
Kalau Ada Masalah Ngobrol/pexels.com/@Alexander Suhorucov

Cara pertama menjaga kesehatan mental yaitu, kalau ada masalah jangan lupa untuk curhat. Banyak lho orang jadi frustasi dan stres karena kebiasaan kalau ada masalah cuma dipendam sendirian, nggak cerita dengan teman, dan tidak berbagi dengan orang terdekat.

Ya mungkin kita punya kebiasaan memendam masalah, namun akan lebih baik kalau ada sesuatu itu cerita dengan sahabat terdekat. Supaya beban yang kita pikul jadi lebih ringan, dan mungkin saja bisa dicarikan solusi yang terbaik. 

Baca Juga  Mapala UMMU dan SARMMI Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Ambon

Membiasakan Berpikir Positif

Membiasakan Berpikir Positif
Membiasakan Berpikir Positif/pexels.com/ekaterina bolotvsova

Cara selanjutnya yaitu, dengan membiasakan berpikir positif. Hayo… siapa nih yang punya kebiasaan overthinking, memikirkan hal yang belum pasti, dan takut menghadapi masa depan?

Hal itulah yang bisa jadi sebab kesehatan mental jadi terganggu. Maka mulai sekarang biasakan untuk berpikir positif, berikan treatment yang baik pada diri sendiri, dengan demikian bisa membuatmu jadi lebih optimis dalam menjalani hidup. Satu hal yang harus diingat kadang apa yang kita khawatir dan takutkan itu hanya dalam pikiran saja. 

Jangan Lupa Liburan

Jangan Lupa Liburan
Jangan Lupa Liburan/pexels.com/@Julia Volk

Siapa nih yang sudah lama nggak pergi berlibur? Kadang nih kesibukan kerja dari berangkat pagi pulang petang, berhadapan dengan setumpuk laporan, lama kelamaan membuat kita jadi stres dan tertekan.

Baca Juga  Lapas Ambon Gelar Pertemuan Pembentukan Gudep Pramuka

Maka supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga, jangan lupa menyempatkan waktu untuk holiday. Pergilah liburan mengunjungi tempat yang belum pernah kamu kunjungi, pergi wisata alam, dan sebagainya. Dengan demikian suasana hati dan pikiran menjadi lebih fresh dan bisa semangat untuk aktivitas esok hari. 

Menekuni Hobi

Menekuni Hobi
Menekuni Hobi/pexels.com/@vlada karvochip

Sudah berapa lama kamu nggak menekuni hobi karena kesibukan? Hmm, kesibukan kerja atau kegiatan sehari-hari pasti membuat kita jadi jarang menekuni hobi yang disuka.

Bahkan akhirnya banyak yang meninggalkan kesukaan tersebut. Padahal menekuni hobi disela-sela kesibukan, bisa menjadi obat atau ajang refreshing supaya mental tetap sehat. Selain itu dengan menyibukkan diri pada hal yang positif, bisa mengalihkan pikiran meski sementara waktu. 

Baca Juga  Ketua KPK: Perkara Suap Kerap Terjadi di Pilkada dan Pemilu

Jangan Pernah Memaksa Diri, Kalau Capek Istirahat

Jangan Pernah Memaksa Diri
Jangan Pernah Memaksa Diri/pexels.com/@ketut subiyanto

Ngaku, siapa yang suka memaksa diri tetap kerja meski badan dan pikiran lelah luar biasa? Kebiasaan satu ini bisa membuat capek fisik dan mental cepat lelah lho.

Maka jika dirasa badan sudah capek, pikiran suntuk nggak bisa mikir, jangan pernah memaksakan diri. Karena kalau jatuh sakit siapa yang bakal rugi? Kamu sendiri bukan, sayangi tubuh dan mentalmu ya. 

Itulah lima cara yang terkesan sederhana namun bisa membantu menjaga kesehatan mental. Semoga bisa menambah wawasanmu ya!

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.