Mudah Diperoleh, Berikut 3 Sumber Pangan Kaya Asam Folat untuk Ibu Hamil

oleh -12 views

Porostimur.com, Ambon – Bagi ibu hamil, mengonsumsi bahan pangan kaya nutrisi merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi saat masa kehamilan. Selain akan memberikan dampak positif bagi kesehatan ibu hamil tersebut, mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi juga akan memberikan dampak yang baik untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Salah satu senyawa yang diperlukan oleh para ibu hamil adala asam folat. Melansir dari laman halodoc.com, makanan yang mengandung asam folat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan senyawa tersebut dapat membantu memaksimalkan tumbuh kembang janin dan pembentukan saraf pada bayi. Makanan kaya asam folat sejatinya cukup mudah ditemui di sekitar kita. Berikut 3 makanan kaya akan asam folat yang bisa dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil.

Baca Juga  7 Gaya Ponytail yang Bakal Bikin Penampilan Makin Elegan

1. Sayuran Hijau

Ilustrasi Sayuran Hijau. (unsplash/kenny ellyason)
Ilustrasi Sayuran Hijau. (unsplash/kenny ellyason)

Bagi ibu hamil, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat hingga sekitar 400 mikrogram setiap harinya. Salah satu sumber pangan yang sangat kaya akan asam folat adalah sayuran hijau. Melansir dari artikel berjudul “Which Foods Are Highest In Folate?”, hampir seluruh sayuran hijau mengandung asam folat atau vitamin B9 yang baik bagi janin,

Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kangung, sawi dan asparagus mengandung kandungan asam folat yang cukup tinggi. Selain itu, sayuran-sayuran tersebut juga mengandung banyak nutrisi lain seperti serat, lemak tak jenuh dan beragam jenis vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Dalam setiap 30 gram bayam, mengandung sekitar 55 mikrogram asam folat dan kandunga vitamin lainnya seperti vitamin K dan vitamin A.

2. Telur

Telur Ayam. (unplash/louise hansell)
Telur Ayam. (unplash/louise hansell)

Telur merupakan salah satu sumber pangan murah yang kaya akan nutrisi. Melansir dari laman alodokter.com, telur selain kaya akan kandungan protein dan lemak hewani, juga kaya akan kandungan vitamin B9 atau asam folat. Dalam 1 butir telur ayam mengandung sekitar 22 mikrogram asam folat dan beberapa senyawa lainnya. Kandungan asam folat yang cukup banyak dalam 1 butir telur membuat sumber pangan ini cukup disarankan untuk ditambahkan dalam menu makanan bagi para ibu hamil.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber pangan yang memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Melansir dari artikel yang diterbitkan oleh “Centers for Disease Control and Prevention (CDC)”, dalam 100 gram kacang-kacangan jenis tertentu mengandung sekitar 100-300 mikrogram asupan asam folat di dalamnya. Hal inilah yang membuat mengonsumsi kacang-kacangan untuk camilan bagi ibu hamil cukup disarankan.

Baca Juga  JMSI dan SiberMu Tandatangani MoU Dukung Pendidikan Jarak Jauh

Nah, itulah beberapa sumber pangan yang kaya akan asam folat yang cukup mudah diperoleh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

sumber: yoursay

No More Posts Available.

No more pages to load.