Pandora Papers: Wanita Simpanan Putin Miliki Kekayaan Rahasia Rp1,4 Triliun

oleh -100 views
Link Banner

Porostimur.com – Moskow: Dokumen Pandora Papers mengungkapkan Svetlana Krivonogikh memiliki kekayaan rahasia senilai USD100 juta atau lebih dari Rp1,4 triliun. Svetlana Krivonogikh selama ini dikenal sebagai “wanita simpanan” Presiden Rusia Vladimir Putin , meski Kremlin enggan mengomentarinya.

Aset-aset mahal wanita itu mencakup sebuah kapal pesiar dan apartemen mewah di Monte Carlo. Padahal, dia dibesarkan dengan sederhana.

Krivonogikh, 46, dilaporkan dibesarkan di perumahan komunal, di mana dia harus berbagi kamar mandi dan dapur dengan lima keluarga lainnya.

Dia dituduh berselingkuh dengan Putin ketika orang nomor satu Rusia itu menjadi wakil Wali Kota St. Petersburg. Kremlin tidak pernah bersedia mengomentari tuduhan perselingkuhan tersebut.

Menurut dokumen Pandora Papers, Brockville Developments Limited—sebuah perusahaan lepas pantai—membeli sebuah kondominium senilai USD4 juta di Monaco pada tahun 2003 untuk Krivonogikh.

Baca Juga  Depresi, seorang pria di Tual ditemukan gantung diri

Krivonogikh memiliki seorang putri pada tahun yang sama, yang menurut media independen Rusia, Proekt, adalah anak dari Putin.

Krivonogikh tidak pernah mengonfirmasi atau membantah laporan itu.

Monaco telah menjadi hotspot bagi elite internasional karena undang-undang pajak yang santai.

“Itu telah menjadi Moscow-on-Sea. Mentalitasnya adalah untuk pamer,” kata Dominique Anastasis, seorang pengacara ternama kepada The Guardian.

“Tidak ada yang bertanya dari mana uang Anda berasal. Tidak ada budaya memeriksa. Anda tidak membuat pernyataan pajak.”

Pandora Papers terdiri dari hampir 12 juta dokumen bocor yang disortir oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Dokumen-dokumen tersebut mengungkapkan aset keuangan tersembunyi lebih dari 100 miliarder dari seluruh dunia, termasuk politisi, pebisnis, dan bahkan musisi Shakira dan Elton John.

Baca Juga  SeOPMI Haltim Tolak Pembentukan Pengurus Pusat Mahasiswa Hal-Tim

Pandora Papers menunjukkan para elite menggunakan perusahaan lepas pantai dan perusahaan cangkang untuk menghindari pajak dan biaya pada real estate dan barang-barang mewah, seperti kapal pesiar pribadi.

Anggota lingkaran dalam Putin lainnya yang diketahui juga telah terungkap dalam dokumen, meskipun Putin tidak disebutkan secara langsung.

Kremlin sendiri memprotes dikaitkannya Putin dalam dokumen-dokumen tersebut.

(red/sindonews)

No More Posts Available.

No more pages to load.