Pangkogabwilhan III Hadiri Virtual Ceremony Peringatan HUT Ke-76 TNI Tahun 2021

oleh -77 views
Link Banner

Porostimur.com – Jayapura: Bertempat di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih Kota Jayapura, Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Jeffry A. Rahawarin, menghadiri Virtual Ceremony Peringatan HUT ke-76 TNI Tahun 2021 dengan tema “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang”, dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, Selasa (05/10/2021).

Hadir dalam Virtual Ceremony yakni: Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Plt. Kabinda Papua, Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon, Irdam XVII / Cendrawasih, Brigjen TNI Wachid Apriliyanto, Wakapolda Papua, Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., anlanud Silas Papare, Marsma TNI Dr. Budi Achmadi, M.Sc., Danlantamal X Jayapura, Kolonel Mar Feryanto Pardamean Marpaung, Para PJU Kodam XVII/Cenderawasih, Kakesbangpol Provinsi Papua, Musa Isir, S.Sos, MPA, Kepala Pengadilan Tinggi Provinsi Papua, heru pramono, S.H., M. Hum dan Ketua DPR Provinsi Papua, Jhony Banua Rouw, S.E.

Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo mengatakan pertama tama atas nama rakyat bangsa dan negara saya menyampaikan selamat hari ulang tahun ke – 76 Tentara Nasional Indonesia.

Baca Juga  Garuda Hanya Tutup Penerbangan di 8 Wilayah PSBB

“Rakyat, Bangsa dan Negara juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.,” kata Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Lanjuntya, bahwa sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi Covid-19, bila diibaratkan sebagai perang melawan virus Covid-19 saat ini, seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang, perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tehnologi.

“Keberhasilan kita dalam menangani covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI, TNI yang selalu menunjukan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tehnologi termasuk alusista telah digunakan dan telah dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan,” jelas Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Baca Juga  Pangkogabwilhan III: Keberhasilan PON XX 2021 Akan Jadi Kebanggaan Masyarakat Papua

Sementara itu, Kesigapan TNI ini juga saya minta untuk selalu diaktifkan dalam menghadapi spectrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan dilaut, radikalisme, terorisme, ancaman cyber dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam.

Mengadapi spectrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relefan dengan perkembangan tehnologi militer terkini. Sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dilingkungan sterategis, regional maupun global.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menambahkan bahwa Penguatan budaya srategis Perajurit dan Perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan, yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang devensif aktif dengan pertahanan berlapis dan memanfaatkan tehnologi militer dan infestasi pertananan yang terncana. Moderensiasi pertahanan ini juga harus disertai dengan terobosan, pengelolaan ekonomi dan infestasi pertahanan.

“Saya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertananan yang berfikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan,” tegas Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Baca Juga  Ketua Harian PB Pertina Jeffry Rahawarin: Penilaian Cabang Tinju PON Papua Dibantu Sistem Digital

Lanjutnya bahwa saya perintahkan agar terus melakukan adopsi dan inovasi tehnologi mutakhir di Negara kita, bergerak aktif dalam konsursium industri pertahanan global memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni.

Sekali lagi selamat hari ulang tahun ke 76 Tentara Nasional Indonesia, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita.

Selanjutnya Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyapa para peserta Virtual Ceremony HUT ke-76, TNI didalam Negeri (Ops Pam Pulau Terluar Pulau Ndana Rote, Ops Siaga Tempur Laut Natuna Utara, Ops Satgas Pamtas RI – Malaysia & Ops Penanganan Covid RS Lapangan Indrapura Surabaya) dan diluar Negeri (Pasukan Perdamaian Dunia di Lebanon). (keket)