Partai Golkar Maluku Siapkan 5 Nama Calon Gubernur Maluku 2024, Ada Jeffry Apoly Rahawarin

oleh -1.528 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Maluku memperkuat konsolidasi dalam menghadapi Pemilu serentak 2024 melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) 2021. Rapat tersebut menargetkan kemenangan pemilihan presiden (Pilpres), pemilu legislatif (Pileg), dan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Ketua DPD Partai Golkar Maluku, Ramly Ibrahim Umasugi mengatakan, Rakerda digelar salah satunya untuk menyosialisasikan hasil Rapimnas DPP Partai Golkar yang digelar pada awal Maret 2021.

“Kami harus sukses konsolidasi untuk menang Pilkada, Pileg, dan Pilpres pada Pemilu serentak 2024,” tegas Umasugi di SwissBell Hotel, Ambon, Senin (27/9/2021).

Dalam rakerda tersebut, Umasugi mengaku Partai Golkar telah memiliki sederet nama untuk bertarung pada Pilkada Gubernur 2024 mendatang.

Ramly bilang, setidaknya ada lima nama yang kini telah menjadi wacana di internal Partai Golkar dan digadang- gadang sebagai calon Gubernur Maluku 2024. Dua di antaranya, Letnan Jenderal (Letjen) TNI Jeffry Apoly Rahawarin dan Mukti Keliobas.

Baca Juga  Patroli Harkamtibmas di Namlea, Brimob Imbau Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Sejumlah sumber internal Partai Golkar menyebut, Rahawarin saat ini menempati posisi tertinggi dari sejumlah kandidat yang masuk dalam survey internal partai yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Jenderal bintang tiga TNI-AD yang kini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III ini, digadang-gadang bakal berpasangan dengan Ramli Ibrahim Umasugi atau Mukti Keliobas.

Skenario lain yang juga disampaikan sumber-sumber internal, Rahawarin bisa saja dipasangkan dengan mantan Gubernur Maluku priode 2014–2019, Ir. H. Habib Said Assagaff, tergantung situasi dan kondisi politik jelang 202r nanti.

Selain Jeffry dan Mukti Keliobas, ada tiga nama lain yang juga muncul dan menjadi wacana, mereka adalah mantan Gubernur Maluku priode 2014–2019, Ir. H. Habib Said Assagaff, Hamza Sangadji dan Febry Calvin Tetelepta yang saat ini menjabat Deputi I Kantor Staf Kepresidenan RI.

Baca Juga  Ribuan Orang Siaran Langsung di Medsos, Internet di Lapangan Merdeka Lelet

“Bisa saja ada pak Jefry Rahawarin sebagai Calgub Maluku, bisa saja ada pak Mukti Keliobas, bisa saja ada pak Said Assaggaf, Hamza Sangadji, dan bisa aja ada pak Febry Calvin Tetelepta. Kalau saya prediksi, semuanya itu bisa jadi gubernur lewat Partai Golkar,” bebernya.

Ramly menjelaskan, jika dari kelima nama yang muncul tersebut sudah diakomodir oleh Partai Golkar, maka dirinya siap untuk menggerakkan semua mesin partai untuk memenangkan Pilkada Maluku.

Ramly juga bilang soal siapa yang nantinya diusung diusung Partai Golkar sebagai bakal Calon Gubernur Maluku, akan ditentukan lewat hasil survei internal partai.

Namun untuk mewujudkan keinginan tersebut, terangnya, diperlukan proses mendalam sejak dini dengan masyarakat, termasuk mempertimbangkan hasil survey nantinya.

Baca Juga  Deretan ‘Omongan Kesombongan’ Pejabat Indonesia Terkait Virus Corona

“Yang masyarakat butuhkan saat ini hanya sentuhan, bukan yang lain, apalagi uang, bukan dengan janji yang tidak ditindaklanjuti, itu yang saya hindari,” terang Ramly.

Tokoh yang berproses dengan masyarakat, katanya, akan mendapat tempat spesial di hati masyarakat.

“Tapi dengan pelayanan sentuhan kepada masyarakat, warga sudah bisa melihat apa yang nanti kita akan lakukan,” tambahnya. (red)