PBB: Kehancuran di Gaza Belum Pernah Terjadi Sejak Perang Dunia II

oleh -9 views
Gaza mengalami kehancuran yang sangat parah. Foto/AP

Porostimur.com, Gaza – Dunia belum pernah melihat kehancuran perumahan seperti ini yang belum pernah terjadi sebelumnya di Gaza sejak Perang Dunia II, dan dibutuhkan setidaknya hingga tahun 2040 untuk memulihkan rumah-rumah yang hancur akibat pemboman dan serangan darat Israel jika konflik berakhir hari ini. Itu diungkapkan PBB.

Penilaian PBB mengatakan dampak sosial dan ekonomi dari perang setelah serangan mendadak Hamas di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober telah meningkat “secara eksponensial.”

Laporan tersebut menyebut jumlah korban jiwa – 5% dari 2,3 juta penduduk Gaza – “belum pernah terjadi sebelumnya” dalam waktu sesingkat itu.

Pada pertengahan April, katanya, lebih dari 33.000 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 80.000 orang terluka. Sekitar 7.000 orang lainnya masih hilang, sebagian besar diyakini terkubur di bawah reruntuhan.

Baca Juga  Polda Maluku Sita 1,4 Ton Miras Tradisional Jenis Sopi di Negeri Allang

“Setiap hari tambahan perang ini menimbulkan kerugian besar dan semakin besar bagi warga Gaza dan seluruh warga Palestina,” kata Administrator Program Pembangunan PBB Achim Steiner, dilansir Arab News.

Laporan UNDP dan Komisi Ekonomi PBB untuk Asia Barat memberikan gambaran mengerikan tentang perjuangan untuk bertahan hidup di Gaza di mana 201.000 pekerjaan telah hilang sejak perang dimulai dan perekonomian mengalami kontraksi sebesar 81% pada kuartal terakhir tahun 2023.

No More Posts Available.

No more pages to load.