Pelaksanaan KKN-PPM Mahasiswa UKIM Angkatan Ke-49 Tahun 2020 (Edisi Covid 19) di Tiga Kecamatan (Teon Nila Sarua, Tel. Elpaputih dan Elpaputih)

oleh -121 views
Link Banner

Malteng, Sabtu 8 Agustus 2020 merupakan momen yang cukup bersejarah bagi keempat orang mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku, dimana pada hari itu merupakan hari berakhirnya bagi mereka dalam melaksanakan salah tugas akademik mereka yaitu kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Kepada Masyarakat.

Desa Layeni, Desa Tananahu, Desa Samasuru dan Desa Elpaputih merupakan daerah yang menjadi pilihan keempat mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Maluku sebagai lokasi berlangsungnya kegiatan pelaksanaan KKN-PPM UKIM Angkatan 49 Tahun 2020. Pada angkatan ini agak sedikit berbeda terkait program kerja dan model pelaksanaannya jika dibandingkan dengan kegiatan KKN-PPM UKIM periode-periode sebelumnya, mengingat pada periode ini bertepatan dengan musibah nasional bahkan internasional yaitu pandemic virus corona atau lebih dikenal dengan istilah Covid 19.

Baca Juga  Cegah Covid-19, Piket Makoden Gegana Polda Maluku Laksanakan Pengecekan Suhu Tubuh

Dalam pelaksanaan KKN-PPM ini, program-program kerja yang dilaksanakan semua disesuaikan dengan masalah dan kondisi masyarakat di empat desa tersebut dan dititik beratkan pada penanganan mewabahnya virus corona.

Adapun program tersebut yaitu program pengadaan buku pedoman penanggulangan covid 19 untuk aparat RT dan RW, program pengadaan spanduk terkait protokol covid 19, dan penyediaan tempat mencuci tangan yang diletakan ditempat-tempat tertentu (objek vital). Program ini dilakukan, mengingat masalah yang sama yang sedang dihadapi oleh masyarakat keempat desa tersebut yaitu proses bersama melawan pandemi covid 19.

Link Banner

Selain program-program terkait Covid 19, mahasiswa KKN-PPM UKIM angkatan 49 yang terdiri dari saudara Yohanis Sinay mahasiswa fakultas Teologi prodi Fil. Keilahian, Helda Maahaly mahasiswa fakultas Kesehatan prodi Kesmas, Cindi J. Kaihena mahasiswa fakultas Kesehatan prodi Kesmas dan Mariska Latekay mahasiswa fakultas Teologi prodi Fil. Keilahian, dalam pelaksanaannya mereka juga membuat dan melaksanakan beberapa program lainnya yaitu terkait pendataan penduduk dalam rangka pemutahiran database desa, pembuatan papan bagan struktur pemerintahan negeri dan pembuatan papan nama jalan/lorong/gang.

Baca Juga  Sat Res Narkoba Polres Malra Ringkus Dua Kurir Pengedar Sabu di Tual

Program-program kegiatan yang dilaksanakan mengacu pada pola sinergi dan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen instruktur serta mitra, dengan tujuan terciptanya iklim kerjasama yang kolaboratif, mutualis dan demokratis antara perguruan tinggi dengan masyarakat sekitar.

Keberhasilan pelaksanaan program-program tersebut di atas tidak terlepas dari kesungguhan dan semangat kerja dari para mahasiswa dan dukungan penuh serta partisipasi dari masyarakat (mitra) keempat desa tersebut.

Dan pada kesempatan ini saya Tono Mahmudin, SE., MSc sebagai Staf Dosen UKIM sekaligus Instruktur KKN-PPM UKIM Angkatan 49, atas nama pribadi dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat UKIM ingin menyampaikan banyak terima kasih untuk semua masyarakat Desa Layeni, Desa Tananahu, Desa Samasuru dan Desa Elpaputih, semoga semua yang telah dilakukan dapat bermanfaat. (adv)