Pemerintah Havana Undang Musisi Ambon Tampil di “Music Week” pada November 2022

oleh -54 views
Link Banner

Porostimur.com | Havana: Kota Ambon dan Kota Havana di Kuba, merayakan Hari Musik Internasional bersama yang jatuh pada tanggal 21 Juni 2021 kemarin.

Pada hari tersebut, Ambon menjadi tuan rumah acara yang diselenggarakan secara daring yang turut dimerikahkan oleh  dua musisi jazz popular asal Havana, Kuba, Bobby Carcasses dan Roberto.

Kedua musisi tersebut bersama Duta Besar RI untuk Kuba, Nana Yuliana juga menampilkan lagu yang sempat popular di tanah air pada tahun 70-an, Guantanamera.

Bagi mereka yang berusia 50-an, lagu tersebut mungkin adalah lagu Kuba yang paling terkenal di Indonesia.

Duta Besar RI untuk Kuba, Nana Yuliana, melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi porostimur.com, Selasa (22/6/2021) menyebutkan, dilibatkannya Ambon dan Havana dalam acara tersebut karena sama-sama mendapatkan penghargaan dari UNESCO, yaitu Ambon sebagai city of music dan Havana sebagai creative city pada bulan Oktober 2019.

Baca Juga  Siswa Diliburkan, Orangtua Tetap Awasi Anaknya Dirumah

Nana berharap, kolaborasi antara KBRI Havana dengan Kuba akan memperkuat soft diplomacy dan memajukan people to people connectivity antara Indonesia dan Kuba.

Menurutnya, acara peringatan Hari Musik Internasional terlaksana atas kerjasama antara Kedutaan Besar RI di Havana dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Global enter of Exellence for International Cooperation and Creative Economy (G-CINC), dan mendapatkan dukungan penuh pemerintah Provinsi Maluku dan Provinsi Havana, Kuba.

Duta Besar RI untuk Kuba ini menjalankan, dalam acara tersebut musisi kedua negara saling bertukar pengalaman mengenai dunia musik yang digelutinya dan dukungan yang mereka peroleh dari pemerintah dan industri musik setempat.

Nana Yuliana dalam sambutannya antara lain menyatakan acara ini merupakan contoh people-to-people connectivity yang sebenarnya, dan merupakan ajang untuk memahami dan mempererat hubungan masyarakat kedua negara melalui musik.

Baca Juga  KPU Halbar Gelar Bimtek Pemutahiran Data Pemilih ke PPK dan PPS

“Orang Indonesia, khususnya orang Ambon, seperti orang Havana dan orang Kuba pada umumnya, sangat menyukai musik. Musik telah menjadi bagian dari hidup mereka. Untuk itulah UNESCO menganugerahkan Ambon dan Havana masing-masing sebagai kota musik dan kota kreatif pada Oktober 2019,” tukasnya.

Duta Besar Nana berharap acara akan menghasilkan kerjasama lebih lanjut antara Ambon dan Havana, tidak hanya di bidang musik, tetapi juga di bidang-bidang lainnya, di mana KBRI Havana siap memfasilitasi untuk menjadi sister city.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang membuka secara resmi acara tersebut antara lain menyampaikan kerjasama antara Havana dan Ambon merupakan contoh kerjasama di bidang industri musik di masa depan.

Baca Juga  Jelang Idul Fitri Polres Sula Gelar FGD Operasi Ketupat Keiraha

“Musik Indonesia akan less spirited tanpa Ambon, sama halnya dengan Kuba tanpa Havana. Hari Musik Internasional merupakan momentum untuk merayakan salah satu ciptaan manusia terbesar di dunia, yaitu musik,” kata Sandi.

Dalam kesempatan tersebut pemerintah Provinsi Havana, Kuba yang diwakili oleh Tatiana Viera juga berkesempatan bertukar pengalaman mengenai dukungan yang diberikan kepada kalangan pemusik dan industri musik di Havana.

Tatiana menyambut baik kerjasama antara Ambon dan Havana di masa mendatang dan mengundang musisi Ambon berpartisipasi pada Music Week pada November 2022. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.