Pemkab Kepulauan Sula Bangun Proyek Aneh Bernama Rest Area

oleh -73 views
Link Banner

Porostimur.com|Sanana: Menurut Wikipedia, Rest Area adalah tempat beristirahat sejenak untuk melepaskan kelelahan, kejenuhan, ataupun ke toilet selama dalam perjalanan jarak jauh.

Tempat istirahat ini banyak ditemukan di jalan tol ataupun di jalan nasional, di mana para pengemudi jarak jauh beristirahat.

Di Kabupaten Kepulauan Sula, meskipun tidak ada jalan tol, pemerintah setempat membangunn Rest Area di tengah gunung jalan Manaf – Wai Nib. Diktehaui, ruas jalan ini merupakan ruas jalan kabupaten.

Kontan saja langkah pemerintah Kabupten Kepulauan Sula (Kepsul) mendapat kritik keras dari berbagai kalangan.

Akademisi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Babussalam Sula, Sahrul Takim, kepada Porostimur, Minggu (6/1/2020) mengatakan, proyek ini tidak tepat sasaran dan mubajir.

Sahrul menjelaskan rest area adalah tempat beristirahat sejenak untuk melepaskan kelelahan, kejenuhan, ataupun ke toilet selama dalam perjalanan jarak jauh.sedangkan perjalanan dari Kecamatan Sula selatan dan Sulabarat menuju kota sanana dengan melintasi jalan Manaf – Wai Nib hanya memakan waktu 30 menit .

Mantan Pengurus Badko Mal – Malut ini menambahkan Pemerintah Daerah (Pemda) salah kaprah dan gagal mikir sehingga merancang proyek yang aneh.

Baca Juga  Biografi Miyabi setelah 10 Tahun Akting Film Panas Jepang, Bagian Ini yang Berubah

“Dalam melaksanakan proyek mestinya dilihat aspek manfaat dan kegunaannya sehingga proyek tidak asal bangun. Ini kan kesannya tiba saat tiba akal,” ujar Sahrul.

Imran Mansur, salah seorang sopir lintas Sulabesi Barat saat diwawancarai mengatakan banyak penumpang singgah istrahat dan buang air itu di ujung Desa Manaf, itu terjadi baik dari Sulabesi Barat ke kota Sanana maupun sebaliknya.

Imran pun bilang pembangunan rest area di tengah gunung itu tidak tepat sasaran dan hanya menghabiskan anggaran.

Untuk diketahui Pembangunan rest area ini dikerjakan oleh CV. Bumi Karya dengan Nilai Rp.296.300.1.603.00, menggunakan anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. (ifo)

Fungsi Rest Area:

Berikut tujuh fungsi dari rest area

1. Melaksanakan Solat

Tidak sedikit dari mereka yang umat muslim memilih untuk berhenti di rest area karena ingin menunaikan ibadah solat. Karena mereka lagi diperjalanan jauh dan ditakutkan melewatkan waktu-waktu solat, jadi mereka memilih untuk berhenti di rest area untuk sholat di masjid atau musholla yang ada disana.

Baca Juga  Cegah Klaster Corona di SBB, Aleg Hanura Minta Warga "Perkuat Bek"

2. Refreshing

Di rest area, kita juga bisa me-refresh tubuh, otak dan pikiran. Cara masing-masing orang me-refresh dirinya juga berbeda-beda. Ada yang minum kopi sambil ngobrol supaya otaknya fresh dan semangat lagi, ada yang makan atau minum biar badannya seger lagi dan kuat lagi melanjutkan perjalanan.

3. KeToliet

Namanya juga perjalanan jauh, naik kendaraan umum ataupun pribadi kita tidak bisa bawa-bawa toilet kemana-kemana kan? Rest area jadi penyelamat mereka yang udah tidak tahan ingin buang air.

4. Isi bensin

Bensin adalah kebutuhan yang paling penting buat kendaraan bermotor. Karena itulah isi bensin termasuk hal yang sering jadi alasan kenapa para pengemudi masuk ke dalam rest area. Dari sekian banyak fungsi rest area, inilah fungsi yang membuat para pengendara mau tidak mau harus berhenti sebentar di rest area.

Baca Juga  Baru Tiba Dari Jakarta, Bupati Halbar Jalani Karantina Mandiri Selama 14 Hari

5. Mandi

Walaupun tidak banyak orang yang suka mandi di kamar mandi yang ada di rest area, tapi ada saja orang yang mandi di kamar mandi rest area. Biasanya mereka yang mandi adalah orang-orang yang melakukan perjalanan sangat jauh.

6. Tempat janjian sama rombongan

Ini fungsi rest area pada kondisi tertentu. Biasanya ada orang-orang yang berangkat rombongan dengan bawa beberapa mobil. Biasanya dijalan suka terpencar-pencar mobilnya, ada yang duluan didepan, ada yang ketinggalan dibelakang. Biasanya mereka akan pilih rest area terdekat buat janjian ketemu sama rombongan yang ketinggalan.

7. Belanja

Baru-baru ini beberapa rest area menghadirkan tempat perbelanjaan. Biasanya kan suka ada kebutuhan mendadak yang harus dibeli dijalan, di rest area kita bisa aja dapat yang kita butuh, mau itu kebutuhan pribadi ataupun oleh-oleh untuk orang lain.