Pemkot Ambon Belum Berencana Kandangkan Becak

oleh -29 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Salah satu biang kemacetan di Kota Ambon, selain padatnya kendaraan, tapi juga dinilai karena semrawutnya becak-becak yang tidak lagi beroperasi sesuai jalurnya. Sebab itu, isu becak bakal “dihilangkan” kedepannya pun mengemuka di masyarakat.

“Memang kalau sudah seperti ini, dengan tingkat kepadatan seperti ini memang becak itu menjadi pertimbangan untuk kita mengalihkan mereka kemana,” tandas Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette kepada awak media di Balaikota Ambon, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, kebijakan itu sama sekali belum masuk dalam perencanaan Dinas Perhubungan (Dishub) di tahun ini maupun tahun depan.

Sebab kebijakan yang akan dilaksanakan hanya yaitu pembatasan usia kendaraan, perampingan trayek dan akan ada sistem barcode di dalam angkutan umum. “So far sejauh ini belum ada kebijakan itu (hilangkan becak di Ambon-red),” akuinya.

Menghilangkan becak memang akuinya tidak mudah. Sebab pihaknya juga masih harus mempertimbangkan masalah ekonomi masyarakat serta butuh proses seperti konsultasi dan konsolidasi lanjut lagi.

Baca Juga  Warga Murnaten dihajar pemuda Lisabata

“Khususnya para pengayuh becak itu mau dialihkan kemana, mesti dipertimbangkan. Karena kondisi Covid-19, ekonomi masyarakat lagi susah seperti ini, kita tidak boleh terburu-buru mengambil kebijakan itu,” tegasnya.

Tapi tambahnya, dengan kondisi Kota Ambon saat ini memang sudah semestinya becak dihilangkan.

“Bagi saya memang kota Ambon sudah seharusnya becak dihilangkan. Tapi dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat, masih kita pikirkan lagi, belum,” jelas Robby.

Soal jalur larangan bagi becak operasi seperti di jalan AY Patty tapi tetap ngotot dilalui dan jadi salah satu faktor macet, ini soal perilaku masyarakat khususnya pengayuh becak itu sendiri.

“Seperti di jalan AY Patty, bebas becak tapi ternyata kadang kala juga ada yang coba-coba terobos masuk. Kita benahi secara bertahap, step by step Sehingga semuanya bisa tertib,” pungkasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.