Pemkot Ternate Segera Cairkan Dana Pihak Ketiga

oleh -119 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) akal mencairkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum DAU) Tahun Anggaran TA) 2020.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPKAD Kota Ternate, Taufik Jauhar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (4/3/2021).

Taufik mengatakan, kendala pencairan DAK dan DAU di akhir Tahun 2020 karena anggaran tak lagi cukup untuk melakukan pencairan anggaran pihak ketiga (kontraktor).

“Dananya tidak mampu ditransfer oleh pemerintah Probinsi Malut melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tidak memenuhi target yang sudah ditetapkan di akhir tahun yakni bulan Desember,” jelasnya.

Link Banner

Lanjut Taufik, target pencapaian PAD yang tidak memenuhi target itu sangat berdampak pada belanja Daerah di akhir Tahun 2020.

Baca Juga  Cuaca Buruk, BMKG Himbau Warga Untuk Waspada 

Salah satu yang tidak tercapai PAD dengan maksud adalah DAK dan DAU dan Lainnya. Kendati demikian, pihaknya telah berupaya melakukan pencairan sebagian sesuai permintaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Taufik menjelaskan, pencairan dana tergantung dari permintaan OPD, kalau mereka tidak mengajukan pengusulan maka dirinya tidak akan melakukan pencairan anggaran karena harus berpedoman pada prosedur administrasi yang diikuti.

“Hampir semua kegiatan OPD yang dilakukan pihak ketiga kami langsung melakukan pembayaran ke rekening pihak ketiga. Tidak lagi melalui dinas terkait. Dana tahun kemarin sudah siap untuk dicairkan,” tuturnya.

Disisi lain menurutnya, proses pembayaran tertunda disebabkan oleh perubahan Sistim Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) tanpa dilakukan sosialisasi, tapi saat ini aplikasi tersebut sudah diterapkan.

Baca Juga  Gamer Asal Korea Berhasil Tembus 10K MMR di Game Dota Underlords

Pasalnya, aplikasi SIPD tidak digunakan maka pihaknya yang akan menanggung konsekuensi berupa sanksi dari pemerintah pusat. Pihanya juga terus melakukan komunikasi dengan Kemendagri terkait SIPD,” tuturnya. (red)