Peringatan Dini BMKG: 16 Provinsi Berpotensi Dilanda Angin Kencang Hingga 50 km/jam Termasuk Maluku-Malut

oleh -79 views
<p>Perahu nelayan menerjang ombak saat berangkat melaut di Pantai Grajagan, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (7/7/2019). Meskipun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis pengumuman prakiraan cuaca gelombang tinggi terjadi di Laut selatan Jawa yang mencapai lebih dari tiga meter, nelayan di daerah tersebut tetap melaut. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.</p>
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Angin kencang dengan kecepatan hingga 50 kilometer (km)/jam berpotensi terjadi di wilayah Indonesia hari ini, Rabu (28/8). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada angin kencang dan gelombang tinggi di 16 provinsi.

Potensi angin kencang dengan kecepatan hingga 50 km/jam bisa terjadi di Maluku Utara dan Sulawesi Barat, misalnya. Berikut peringatan dini lengkap waspada angin kencang dan gelombang tinggi dari BMKG:

*Baca Juga: BMKG: Gempa tidak membunuh dan melukai manusia *

Bali

Link Banner

Perlu diwaspadai potensi gelombang tinggi mencapai 2 meter di Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Bangka Belitung

Waspada potensi hujan sedang – lebat disertai petir dan angin kencang pada siang – sore hari di wilayah Kab. Bangka Tengah, Bangka Selatan dan sekitarnya.

Banten

Waspada potensi angin kencang di wilayah Kab. Lebak di Bagian Selatan dan Kab. Pandeglang bagian Selatan dan Barat. Waspada potensi gelombang tinggi di Samudra hindia Selatan Banten, Perairan Selatan banten, Selat Sunda bagian Selatan.

Baca Juga  Hadang Peserta Gabalil Hai Sua, Warga Kabau Palang Jembatan

Jawa Barat

Waspada potensi terjadi hujan yang dapat di sertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Cianjur, Bandung, dan Purwakarta pada sore hingga malam hari.

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Kab./Kota: Sambas, Bengkayang, Landak dan Kapuas Hulu.

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan sedang hingga sedang di sebagian wilayah Kalimantan Tengah. Waspada potensi gelombang berkisar antara 1 – 2,5 meter di wialyah Perairan Selatan Kalimantan Tengah.

Kalimantan Utara

Waspada potensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir pada malam – dini hari di wilayah Tulin Onsoi, Nunukan, Malinau Selatan Hulu, Peso Hilir, Sekatak, Sesayap, Tana Lia, P. Palas Timur, P. Bunyu, Tanjung Selor, Tarakan, dan sekitarnya.

Baca Juga  Pelaku pembacokan diringkus, kebenaran terkuak

*Baca Juga: Peringatan dini BMKG: Hujan berpotensi turun di wilayah Depok, Bekasi, dan Bogor *

Maluku

Waspada angin kencang lebih dari 30 km/jam berpeluang terjadi di wilayah Kota Tual, Kab.: Buru, Buru Selatan, Seram Bag. Timur, Maluku Tengah (Banda), Maluku Tenggara, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar, dan Maluku Barat Daya.

Maluku Utara

Waspada berpotensi terjadi angin kencang mencapai 50 km/jam di wilayah Maluku Utara.

Nusa Tenggara Timur

Waspadai potensi angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Perairan NTT. Potensi angin kencang di wilayah P. Timor, P. Sabu, dan P. Rote potensi kebakaran lahan di wilayah NTT.

Riau

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat pada sore atau malam hari di wilayah bagian selatan, Timur, dan Barat wilayah Riau.

Sulawesi Barat

Potensi angin kencang mencapai 50 km/jam di wilayah pesisir Kab. Majene, Kab. Polewali Mandar dan Kab. Mamuju bagian Selatan.

Baca Juga  DPRD Minta Pemerintah Bebaskan Tapol Papua, Yunus: Jangan Terus Membuat Luka!

Sulawesi Selatan

Rough Sea (Gelombang 2,5-4,0 meter) terjadi di Selat Makassar bagian Selatan, Perairan Barat Sulawesi Selatan, Perairan Kep. Sabalana, Perairan Kep. Selayar, Teluk Bone bagian Selatan, dan Laut Flores.

Sulawesi Tengah

Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah kabupaten/kota: Donggala, Sigi, Buol, Tolitoli, Parimo.

*Baca Juga: Kemarau, Kementan sebut produksi beras surplus *

Sumatra Barat

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang-sore hari di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Limapuluh Kota, Tanah Datar, Kota Solok, Kab Solok; Pada malam hari di wilayah Padang, Padang Pariaman.

Sumatra Selatan

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada sore dan malam hari di wilayah Musi Rawas dan Musi Utara. (red)