Perkuat Ekosistem Kemitraan di Maluku, Konsorsium Polnam dan Polikant Gelar FGD

oleh -20 views

Porostimur.com, Ambon – Politeknik Negeri Ambon (Polnam) dan Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) selaku Konsorsium Maluku Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah di Maluku menggelar Focus Group Discussion, Kamis (18/1/2024) di Marina Hotel.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan yang kita lakukan sebelumnya yaitu KICK OFF daerah yang berlangsung di bulan Desember 2023 lalu, dimana pada kegiatan Kick Off itu kita telah memperoleh gambaran tentang keunggulan  dan potensi daerah yang akan menjadi fokus program ini yaitu pariwisata dan perikanan dan juga bidang lainnya”, ujar Lenora Leuhery, selaku ketua Konsorsium Maluku.

Menurutnya, konsorsium ini tentunya sangat membutuhkan kolaborasi pihak-pihak terkait, dalam hal ini, Dunia Pendidikan, Pemerintah daerah, Dunia usaha dunia industri, asosiasi industri maupun profesi dan bahkan para media cetak dan elektronik.

Baca Juga  Sambut Ramadan, Kapolda Maluku Ajak Masyarakat Jaga Persaudaraan dan Kedamaian

Lanjutnya, konsorsium ini juga untuk menciptakan inovasi yang berbasis pada kebutuhan dan potensi daerah, dan kuncinya adalah adanya kolaborasi antar pemangku kepentingan didaerah ini, yang bertujuan untuk menghasilkan luaran yaitu policy brief/policy paper. 

Policy brief/policy paper  mencakup analisis komprehensif yang disebut Horison Scaning yang bertujuan untuk mengidentifikasi isu-isu yang muncul, yang relevan dan signifikan dari workforce Planing dan Inovation Planing – bermuara pada terciptanya klaster inovasi  yang  selaras dengan potensi keunggulan serta kebutuhan pembangunan daerah maluku”, tutur Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polnam ini.

Baginya, FGD yang dilakukan ini sebagai sarana untuk mewujudkan hal dimaksud, dimana Horizon Scanning: work force planing dan inovation planing akan ditentukan dan dihasilkan secara bersama untuk provinsi Maluku.

Baca Juga  Ini 9 Anggota DPRD Malut Periode 2024-2029 dari Dapil Halut-Morotai

“Saya berharap semoga kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik dan apa yang kita harapkan terutama menelusuri dan menemukan Events dan Trends bagi pengembangan daerah ini dapat dicapai untuk memberikan kontribusi positif bagi provinsi kita”, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini antara lain, Tim Pakar dari Kemedikbudristekdikti, beberapa instansi terkait di Provinsi Maluku, Kepala SMK di Kota Ambon, Dunia Usaha dan Industri dan Media cetak/Online di Kota Ambon. (Keket)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.