Pusdiklat Kemlu Dukung Pengembangan Kapasitas SDM Museum Siwalima Ambon

oleh -38 views

Porostimur.com, Ambon – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri (Pusdiklat Kemlu) membuat inisiatif program pengembangan kapasitas Museum Siwalima di Kota Ambon dalam bentuk diskusi dan pelatihan.

Pengembangan kapasitas ini bukan hanya untuk menambah pengetahuan terkait kurasi, edukasi, konservasi, dan penataan serta pemeliharaan koleksi museum, melainkan juga mengidentifikasi pengelolaan dan penanganan masalah yang sedang dihadapi Museum Siwalima.

Melibatkan kolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Maluku, serta Museum Siwalima, Pusdiklat Kemlu mendukung rencana revitalisasi Museum Siwalima melalui perspektif pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Kemlu adalah bridge builder yang mengumpulkan seluruh pihak terkait untuk membangun kerja sama yang berdampak bagi masyarakat. Kegiatan pelatihan ini adalah baby step untuk meningkatkan kapasitas manusia agar museum dapat dikembalikan fungsinya menjadi pusat pelestarian budaya dan sejarah bagi generasi penerus bangsa dan kembali menjadi daya tarik wisata utama bagi wisatawan domestik maupun luar negeri,” tegas Tubagus Edwin Suchranudin, Direktur Sekolah Staf Dinas Luar Negeri (Sesdilu) Kementerian Luar Negeri, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (16/6/2024).

No More Posts Available.

No more pages to load.