Ramadhan Meriah, Kemenkeu adakan Lomba Da’i Millenial

oleh -39 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Perwakilan Kementerian Keuangan provinsi Maluku menyelenggarakan sebuah acara dengan tema “RamadhanKeu bersama Millenial Maluku”.

Rangkaian acara yang menyasar anak muda Maluku ini terdiri dari Talk Show UMKM dan pengusaha muda, Lomba Da’i Millenial, Kemenkeu Berbagi, dan Ceramah Ramadhan.

Bertempat di Ballroom Amaris Hotel, senin sore 18 April 2022, Event Akbar ini terselenggara sukses dan dihadiri oleh Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Maluku (Priyono Triatmojo), seluruh pimpinan satuan kerja Kemenkeu di Provinsi Maluku dengan diawali sambutan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (Moudy Hermawan).

Hadir sebagai narasumber dari berbagai instansi terkait yaitu Kepala BKIPM Ambon (Muhammad Hatta Arisandi, S.St.Pi.,M.Si), Kabid Perdagangan Luar Negeri Disperindag Prov. Maluku (Syarif Hidayat, SE.,M.Si), Kepala KPP Pratama Ambon (Widi Pramono,S.ST., Ak.,MM.), Kepala Seksi Perbendaharaan KPPBC TMP C Ambon (Yusuf Nasution), dan Pimpinan Bank Mandiri cabang Maluku (Miftahul Huda).

Talkshow bersama UMKM dan pengusaha muda ini bertemakan “Go Internasional, UMKM bisa!” misinya Kemenkeu bersinergi dengan stakeholder terkait dapat mendukung penuh kebangkitan UMKM dan para pelaku usaha di Maluku agar berskala internasional.

Baca Juga  Seorang Warga Ditemukan Tewas Dalam Kandang Ternak Ayam

Para narasumber menyampaikan berbagai layanan pendampingan dan contoh success story keberhasilan ekspor di Maluku. Momentum ini dimanfaatkan para pengusaha pula untuk curhat agar mengurai segala kendala baik pengemasan, perizinan, pencarian buyer, hingga transaksi internasional.

Sebagai solusi atas kebutuhan UMKM dan pengusaha muda agar go internasional ini, lahirlah komunitas eksportir muda yang merupakan wadah bersama yang mempertemukan seluruh stakeholder bersama pelaku usaha dalam mendukung percepatan keberhasilan ekspor.

Talk show ini merupakan tindak lanjut atas arahan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang meminta seluruh unit di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memperbaiki cara kerja khususnya dalam memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemenkeu harus mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada agar dapat dirasakan dan berdampak luas kepada UMKM.

Baca Juga  Kok Bisa Barcelona Membajak Ferran Torres Seharga Rp883 Miliar? Begini Penjelasannya

Kegiatan ini tentunya menjadi angin segar yang menyemangati dan mendorong aktivitas UMKM agar kontribusi signifikan bagi perekonomian setelah masa pandemi, baik optimalisasi kegiatan industri, ekspor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 

Merayakan momen Ramadhan ini, Kemenkeu Maluku memeriahkan dengan penyelenggaraan event Lomba Da’i Millenial.

Luar biasa, peserta yang telah berpartipasi lebih dari 22 peserta millenial usia 16-30 tahun telah mengirimkan video ceramahnya dalam sepekan, dan tampil 3 finalis pemenang lomba (Eris Wasahua, Zatia Tuannisa, dan La Hardiyansah Wally) di acara puncak RamadhanKeu bersama Millenial.

Salah satu peserta, Zatia, mampu menarik perhatian peserta dengan pantun dan ceramahnya yang penuh humor.

Baca Juga  Pembangunan Taman di Kota Jailolo Tertunda Karena Covid-19

Kepala Perwakilan Maluku mengatakan bahwa bibit bibit da’i muda ini akan terus kita latih untuk tampil ceramah setidaknya di instansi kemenkeu agar semakin berkapasitas untuk menambah syiar maluku yang madani di bulan suci Ramadhan dan di masa mendatang.

Melengkapi acara ini, Kemenkeu juga menyerahkan secara simbolis program “Kemenkeu Berbagi” bernilai lebih dari 15 juta rupiah yang merupakan bentuk social responsibility dari seluruh pegawai Kemenkeu dengan dukungan lembaga zakat Yakesma Maluku yang akan didistribusikan mulai hari kamis, 21 April 2022 nanti kepada berbagai titik panti asuhan, pesantren, dan TPQ, dengan kriteria penerima yatim, dhuafa, dan da’i pelosok yang membutuhkan. (Keket)

No More Posts Available.

No more pages to load.