Ratusan Lansia di Tanimbar Antusias Ikuti Operasi Katarak Gratis dari Kemensos

oleh -16 views

Porostimur.com, Saumlaki – Menteri Sosial Tri Rismaharini menyaksikan pelaksanaan operasi katarak gratis yang diikuti ratusan lansia di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Provinsi Maluku, Rabu (26/6/2024). Kegiatan ini dilaksanakan selama dua  hari pada  26-27 Juni 2024 bertempat di RSUD dr. PP Margretti.

Mensos Risma secara konsisten melakukan operasi katarak gratis di seluruh Indonesia untuk menekan potensi bertambahnya disabilitas netra yang jika tidak ditangani akan menjadi masyarakat miskin baru.

“Kalau pengidap katarak terlambat ditangani, mereka bisa menjadi  disabilitas netra. Karena itu supaya tidak menjadi penyandang disabilitas maka dilakukan operasi katarak,” jelas Mensos Risma saat meninjau pelaksanaan operasi katarak gratis di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Baca Juga  Pilkada 2024 dan Absennya Politik Gagasan

Kemensos gencar melaksanakan acara bakti sosial di seluruh Indonesia, dan kali ini bakti sosial dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku. Peserta operasi katarak berasal dari 9 kecamatan, yang sebagian besar  merupakan wilayah kepulauan. Sebanyak 380 orang mengikuti screening kelayakan meliputi pengecekan gula darah, tensi, kolesterol, dan biometrik.

Terdapat 240 pasien yang lolos screening dan bisa menjalani operasi katarak. Calon peserta yang tidak lolos screening disebabkan  beberapa faktor antara lain karena memiliki penyakit penyerta, kondisi belum matang (immature), tekanan pada bola mata faktor hipertensi, dan kondisi gula darah tidak normal.

No More Posts Available.

No more pages to load.