Satlantas Polres Morotai Gelar Sosialisasi Tertib Lalu Lintas kepada Jemaat GMIH

oleh -152 views
Link Banner

Porostimur.com | Morotai: Kepolisian Resort Pulau Morotai melalui Satuan Lalu Lintas menggelar Sosialisasi tentang Tertib Berlalu Lintas bertempat di Jemaat EBENHAEZEF GMIH Desa Waringin Kecamatan Morotai Selatan Barat. Minggu (15/9).

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengkampanyekan tertib berlalu lintas dan keselamatan berkendara kepada masyarakat.

Kasat Lantas Polres Pulau Morotai AKP. N. Daniel Maribunga, S.Pd kepada media person mengatakan, Keselamatan berlalu lintas penting agar masyarakat terhindar dari kecelakaan di jalan raya.

Tujuan sosialisasi lalu lintas kepada para jemaat ini untuk memberikan wawasan tentang keselamatan lalu lintas dan menanamkan jiwa tertib berlalu lintas di lingkungan gereja.

“Kasus kecelakaan di jalan raya kian bertambah, kami harapkan melalui sosialisasi ini mampu memberikan pemahaman kepada para jemaat akan pentingnya menaati aturan berlalu lintas,” kata Kasat Lantas.

Baca Juga  Gubernur Maluku dan Papua Diminta Fokus Rawat Pasien Positif Covid-19

Ia menambahkan, ingginya angka pelanggaran di jalan raya disebabkan karena pengemudi kurang adanya edukasi terhadap peraturan lalu lintas.

“Masyarakat ini karena kesadarannya belum ada. Hampir trap jam di ruas jalan ini tidak lepas dari pelanggaran. Kenapa? Mereka tahu karena dia takut saat ada polisi, tapi ketika tidak ada polisi sudah amburadul. Kenapa? Karena mereka belum sadar,” katanya.

Oleh sebab itu, sosialisasi program keamanan dan keselamatan itu dilakukan Polri dengan melibatkan masyarakat secara langsung, bukan menjadikan masyarakat hanya sebagai penonton.

“Apabila program sosialisasi secara langsung melibatkan elemen masyarakat dari mulai yang kecil hingga kelompok yang lebih besar, akan menimbulkan rasa memiliki masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga  Keluar Dari Zone Merah, PSBB Transisi Tetap Berlaku di Ambon

Kemudian dapat memicu lahirnya kesadaran bersama bahwa tertib dan selamat berlalu lintas itu menjadi kebutuhan yang wajib ditaati dan dilaksanakan dengan penuh kesadaran sendiri. (vonny)