Sejumlah Bangunan di Silale Ambon Ludes Dilahap Api

oleh -105 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Beberapa bangunan di Jln. Sultan Babullah, RT 002/03, Kelurahan Silale, Ambon, ludes dilahap api, pada Minggu,(14/3/2021), pukul 16.30 WIT.

Bangunan yang telah di lahap si jago merah tersebut, terdiri dari 1 unit bangunan milik Said Marasabessy yang terbagi atas 4 unit tempat usaha/toko, serta 1 unit bangunan milik Mahfud Sahad, yang kini dijadikan kantor DPW Partai Berkarya Provinsi Maluku.

Menurut keterangan salah satu saksi, sebut saja Sobirin, 32 tahun, Agama Islam, pekerjaan wiraswasta (warung Batagor), awalnya ia sementara berada di dalam warung tempat jualan batagor Bandung miliknya, kemudian ia mendengar ada teriakan kebakaran dari arah depan jalan.

Setelah itu, Sobirin langsung bergegas keluar warung dengan membawa keluar tabung Gas LPJI sebanyak 2 buah dan 4 jerigen minyak tanah 5 liter.

Link Banner

Setelah ia tiba di depan jalan (depan warung), ia melihat kearah lantai 2 rumah makan padang Hidayah sudah ada kepulan api yang sangat besar membakar lantai 2 Rumah makan Padang, yang mana saksi juga sempat melihat beberapa karyawan rumah makan padang menyelamatkan diri dengan cara melompat dari lantai 2 rumah makan padang.

Baca Juga  Polsek Huamual-Pemdes Sosialisasi Penutupan Tambang Cinnabar

Sedangkan menurut keterangan Saksi Mahfud Sahad, umur 40 tahun, salah satu karyawan Kantor DPW Partai Berkarya, menjelaskan bahwa Awalnya pada sekitar pukul 16.30 ia berada di lantai 2 bagian belakang Kantor DPW Partai Berkarya untuk menjemur pakaian, kemudian ia melihat api dari arah lantai 2 rumah makan padang bagian belakang.

Kemudian saksi langsung bergegas turun dari lantai 2 dan keluar dari rumah dan berteriak kepada smua penghuni bangunan untuk keluar dari dalam bangunan karena ada kebakaran di bagian lantai 2 belakang rumah makan padang Hidayah.

Berselang beberapa menit kemudian terjadi kerumunan warga yang mencoba memadamkan Api tersebut dengan peralatan seadanya.

Pukul 16.45 WIT personil Gabungan Polsek Nusaniwe, Polsek KPYS, Polsek Sirimau dan Polresta P. Ambon beserta 6 unit Mobil Pemadam kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dan langsung bersama-sama memadamkan kobaran api. Sampai Pukul 19.30 WIT seluruh kobaran api berhasil di padamkan.

Baca Juga  Kisah Parma, Klub Bertabur Bintang yang Bangkrut

Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa , hanya kerugian material diantaranya, Bangunan milik bapak Said Marasabassy yang di kontrakan kepada 4 tempat usaha.

Ke-4 tempat usaha tersebut antara lain, bangunan toko cinta aroma parfum, milik Alfian.A.M. (Terbakar pada lantai 2), bangunan Rumah makan Padang, milik Arifandi, (Terbakar pada seluruh bangunan rumah makan, Lantai 1 dan 2) , kemudian bangunan warung Batagor milik Sobirin, (terbakar pada seluruh bangunan Warung), Kos-kosan milik Said Marasabessy (terbakar pada bagian lantai 2 yang terdapat 5 kamar kos hangus terbakar). Dan Kantor DPW Partai Berkarya Milik Mahfud Sahad, Karyawan Kantor DPW Partai Berkarya, (terbakar Pada bagian lantai 2).

Total keseluruhan kerugian berkisar Rp.800.000.000,- (delapan ratus juta rupiah). Dugaan sementara penyebab kebakaran berawal dari Kosleting arus listrik pada lantai 2 bangunan rumah makan padang.

Baca Juga  DPRD Berencana Bentuk Pansus Telusuri Dana Pinjaman Pemkab Halbar

Sampai saat ini situasi terpantau aman terkendali. (valen)