Sekda Provinsi Maluku Buka Pasar Murah

oleh -135 views
Link Banner

Porostimur.com |Ambon: Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Kasrul Selang, membuka resmi Pasar Murah/Basar di pelataran Taman Pattimura, Kota Ambon, Selasa (17/12). Pasar ini merupakan program tahunan pemerintah daerah menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Jelang pembukaan pasar itu, Selang membacakan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail, bila pelaksanaan hajatan tersebut merupakan program kerja selingan di saat umat kristiani masih menjalani suasana minggu-minggu Adventus jelang Natal 2019.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama Pemeritah dan pribadi juga keluarga menyampaikan selamat kepada semua basudara umat Kristian di Maluku, dalam mempersiapkan kesucian hati diri guna menyongsong perayaan Natal,” katanya.

Atas dasar itu, lanjut dia, diperlukan kesamaan pandang, tekad dan niat untuk menciptakan peluang dan kesempatan agar kegiatan pembangunan bisa tercapai secepatnya atau secara perlahan menuju tatanan kehidupan yang sejahtera, adil dan makmur untuk masyarakat Maluku.

“Kami dari waktu ke waktu terus meningkatkan perhatian, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat seperti sembilan bahan pokok yang harganya kian meningkat di beberapa hari terakhir, yang menyebabkan daya beli semakin berkurang,” ujar Selang.

Baca Juga  Pangdam Pattimura: Mari Katong Berantas Virus Covid-19 dengan Vaksinasi Bersama

Menurut dia, memasuki bulan Desember, stok kebutuhan pokok untuk masyarakat Maluku masih tersedia dalam jumlah yang cukup, meskipun harga bahan pokok tidak bisa dikontrol tiap harinya walau masih berada pada tarif standar. Atas dasar itu, hadirnya program ini, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terutama di kalangan bawah atau kurang mampu melalui penerapan harga murah.

“Belilah secukupnya agar warga lainnya bisa kebagian,” ujar Selang.

Meski begitu, tegas Selang, pihaknya menghimbau kepada para distributor barang, pedagang pengecer dan lainnya untuk tidak melakukan penumpukan barang atau spekulasi yang berdampak pada kenaikan harga pangan. Sebab, kenaikan tarif bahan pokok dapat membebani masyarakat saat akan berbelanja.

Baca Juga  5 Surfer Cantik yang Andal Taklukan Ombak dan Hati Para Pria

“Maka dari itu, kepada para pegiat atau pelaku usaha, diminta kerjasamanya agar harga – harga pangan tidak mengalami kenaikan jelang Natal,” tegasnya.

Agar harga pangan tetap berada pada tarif standar, lanjut Selang, maka koordinasi antara Pemprov Maluku dan distributor Surabaya, Makassar dan kota besar lainnya tetap terjaga. Tujuannya, agar memperlancar suplai barang dari pusat akumulasi distribusi ke kawasan timur termasuk Maluku. (shinta)