Selamat Tahun Baru 2020

oleh -140 views
Link Banner

Tahun baru Masehi sebagaimana tahun baru Hijriah, adalah peristiwa perpindahan masa atau waktu dari yang lama ke yang baru. Ini artinya ketika terjadi pergantian tahun, maka kita seakan diingatkan akan pentingnya waktu dalam kehidupan kita sebagai manusia.

Sebagaimana kita ketahui bersama, dalam Islam, waktu adalah hal yang sangat penting. Begitu pentingnya waktu, Allah SWT bersumpah atas nama waktu. Ada “waddhuha, wallail” dll. Dan semua manusia akan merugi jika tidak menyadari pentingnya menggunakan waktu untuk melakukan kebaikan.

Di dalam Islam, waktu juga sangat berharga. Begitu berharganya waktu dalam Islam, Imam Al-Ghazali seorang tokoh yang sangat berpengaruh mengatakan bahwa: yang paling jauh itu waktu yang telah berlalu dan yang paling dekat adalah kematian.

Baca Juga  Lakalantas kembali picu ketegangan Hitu-Wakal

Selain itu, waktu kita hidup di dunia ini sangat singkat. Begitu singkatnya sampai-sampai kita tidak merasa bahwa semakin hari usia kita semakin bertambah. Usia kita yang dari hari ke hari bertambah pun pada hakekatnya berkurang.

Oleh karena itu, bagaimana kita memaknai tahun baru ini adalah dengan memanfaatkan momen pergantian tahun untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri.

Dan pertanyaan yang perlu kita jawab adalah sudah seberapa besarkah kebaikan kita di tahun 2019 ini? Dan apakah kita sudah mempersiapkan bekal kita di akhirat nanti sebanyak-banyaknya?

Begitu juga hadis nabi Muhammad SAW: “dari Syadad bin Aus r.a, dari Rasulullah SAW, bahwa beliau berkata, “Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian.

Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT”. (HR. Imam Turmudzi) dan pernyataan Umar bin Khattab tentang pentingnya muhasabah: Lakukankah evaluasi terhadap diri kamu sekalian sebelum dievaluasi nanti (di akhirat).

Baca Juga  Tak terurus, bangunan Damkar kerap dijadikan lokasi pesta lem Ehabon

Pertanyaan yang perlu kita jawab adalah apakah tahun yang baru lewat ini tahun kebaikan kita? Seberapa besar kebaikan yang telah kita lakukan di tahun ini? Apakah kita telah memanfaatkan tahun ini dengan sebaik-baiknya untuk berbuat sebanyak mungkin kebaikan dan kebajikan?

Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa dan kesalahan yang kita lakukan di tahun 2019 ini dan semoga tahun yang akan datang lebih baik dari tahun ini. Amin.

Salam