Skill Penting yang Harus Dimiliki Perempuan dalam Dunia Kerja

oleh -28 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bekerja nggak cuma butuh keterampilan mengolah pengetahuan lho, Ladies. Menjadi perempuan yang cerdas pasti harus punya skill bekerja mumpuni. Pastikan apakah daftar berikut sudah ada pada diri kamu atau belum.

1. Komunikasi yang Baik

Memiliki skill berkomunikasi merupakan hal penting ketika memasuki dunia kerja.
Berkomunikasi dengan Sesama Pekerja/foto: freepik.com

Kemampuan komunikasi selalu masuk dari pertimbangan pertama mengapa kamu berhasil lolos kualifikasi dibanding lainnya. Ketika masuk dalam dunia kerja, skill terkait pekerjaan harus didukung oleh kemampuan berkomunikasi agar tidak menyulitkan kamu nantinya.

Selain menguntungkan kamu dalam menyelesaikan berbagai urusan dengan pegawai lain, komunikasi juga sangat membantu melancarkan misi perusahaan. Misalnya, dalam menyelesaikan pekerjaan bersama klien kemampuan komunikasi merupakan skill utama.

2. Bekerja Tim

Setiap pekerja akan selalu membutuhkan orang lain dalam menyelesaikan tanggung jawabnya.
Bekerja Tim/foto: freepik.com

Pastinya kamu nggak akan sendiri menjalankan setiap tanggung jawab yang ada. Kemampuan bekerja tim sangat penting dimiliki sebagai salah satu bentuk interaksi dalam menyelesaikan pekerjaan. Kamu pasti butuh bantuan orang lain agar pekerjaan bisa segera diatasi.

Jangan pernah sungkan untuk bertanya. Apalagi ketika masih tergolong dalam pekerja muda. Kamu butuh untuk tahu apa saja terkait persoalan yang harus dihadapi. Pengetahuan yang diperoleh bakalan membantu kamu dan orang lain juga lho, Ladies.

3. Manajemen Waktu

Selain menyelesaikan pekerjaan, pekerja harus memiliki kemampuan menyesuaikan setiap urusan dengan baik.
Manajemen Waktu Ketika Bekerja/foto: freepik.com

Ketika memutuskan bekerja pastikan kamu sudah berhasil mengatur waktu sebaik mungkin. Apabila belum, segera benahi mulai sekarang. Saat sesi wawancara pun kemampuan mengatur waktu ini nggak pernah lepas dari perhatian, Ladies.

Baca Juga  Kisah Perempuan Muslim di India yang Jadi Korban Pelecehan di Dunia Maya

Perusahaan akan memperkerjakan seseorang yang memang mampu mengatur waktunya secara baik agar produktivitas tidak mengganggu tanggung jawab lainnya. Kamu nggak boleh lupa, selain bekerja masih banyak urusan yang sulit dilepaskan.

4. Pengendalian Emosi

Ketenangan dalam menghadapi setiap tanggung jawab sangat penting dimiliki agar tidak mudah mengalami stres kerja.
Mengendalikan Emosi Selama Bekerja/foto: freepik.com

Perusahaan memang akan membayar kamu berkat kualitas kerja yang baik. Tapi, emosi yang ada dalam diri kamu juga masuk hal penting sebagai penunjang produktivitas dalam bekerja. Kemampuan mengendalikan emosi sesuai porsinya memang harus menjadi bekal pekerja.

Ketika berhadapan dengan sejumlah tekanan yang bisa datang kapan saja apakah kamu akan tetap tenang dan berhasil menyelesaikan sejumlah masalah? Kalau belum berarti kemampuan mengendalikan emosi kamu masih perlu diasah lagi, Ladies.

Belajar mengendalikan emosi bisa kamu mulai dengan mencintai diri sendiri. Bukannya egois, mencintai diri sendiri akan membuat kamu paham sampai mana kamu bisa memberikan batasan pada pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Baca Juga  Bantu masyarakat Mausu Ane, Polda Maluku pun ambil bagian

5. Mencari Solusi

Mencari solusi dalam menghadapi tuntutan pekerjaan bisa dimulai dengan memperbanyak membaca dan mencari pengalaman.
Mencari Solusi untuk Setiap Permasalahan/foto: freepik.com

Tentu kemampuan mencari solusi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dalam setiap harinya bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan berbagai macam tanggung jawab bersama masalahnya masing-masing. Mencari solusi secepat mungkin merupakan sebuah keharusan.

Kemampuan memecahkan masalah akan selalu menjadi pertimbangan tinggi selain produktivitas dalam bekerja, Ladies. Kamu bisa mengasah kemampuan problem solving dengan banyak membaca dan mencari pengalaman. 

6. Membuat Keputusan

Berhasil membuat keputusan merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh pekerja terlepas apa saja jabatannya.
Berjabat dengan Rekan Kerja/foto: freepik.com

Membuat keputusan nggak cuma tanggung jawab petinggi perusahaan lho, Ladies. Mulai dari membuat publikasi apa yang mampu mem-branding perusahaan sampai merancang anniversary perusahaan di mana itu juga keputusan yang nggak bisa main-main.

Baca Juga  5 Bulan Tidak Bertugas, Kades Kampung Baru Didemo Mahasiswa dan Masyarakat

Ide kreatif kamu juga salah satu bentuk dari kemampuan membuat keputusan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Berangkat dari ide-ide kecil yang menarik kamu berhasil menciptakan citra mengesankan sekaligus mendapat kepercayaan lebih.

Hal kecil dalam kebiasaan sehari-hari bisa mengubah kamu menjadi pribadi lebih menyenangkan. Ini akan membentuk skill penting yang perlu diterapkan dalam dunia kerja. Jangan pernah malas membaca dan berpengalaman ya, Ladies.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.