Tahun Baru, Tarif Baru BPJS Kesehatan 2021

oleh -52 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: BPJS Kesehatan berencana akan menerapkan tarif baru pada hari ini. Salah satu kebijakan harga yang diubah, yaitu untuk peserta yang terdaftar sebagai BPJS Kesehatan kelas 3.

Berikut tarif baru iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2021 yang dikutip dari web bpjs-kesehatan. Seperti bagi peserta Penerima Bantun Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan iuran dibayar oleh Pemerintah.

Kemudian iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang bekerja pada Lembaga Pemerintahan terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pegawai pemerintah non pegawai negeri sebesar 5% (lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan : 4% (empat persen) dibayar oleh pemberi kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh peserta.

Baca Juga  Puluhan Personil Babinsa Koramil 1509-01/Bacan Serbu Pasar Modern Labuha

Lalu Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah yang bekerja di BUMN, BUMD dan Swasta sebesar 5% ( lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan : 4% (empat persen) dibayar oleh Pemberi Kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh Peserta.

Link Banner

Dan iuran untuk keluarga tambahan Pekerja Penerima Upah yang terdiri dari anak ke 4 dan seterusnya, ayah, ibu dan mertua, besaran iuran sebesar sebesar 1% (satu persen) dari dari gaji atau upah per orang per bulan, dibayar oleh pekerja penerima upah.

Iuran BPJS Kesehatan untuk peserta kelas 3 pada tahun 2020 sebesar Rp 25.500, sementara pada 2021 tarif BPJS Kesehatan untuk kelas 3 menjadi Rp 35.000.

Baca Juga  Seluruh Wakil Indonesia Dikeluarkan dari All England 2021, Ini Penyebabnya!

Berikut besaran iuran BPJS Kesehatan pada 2021 adalah:
Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1: Rp 150.000
Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2: Rp 100.000
Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3: Rp 35.000

Sah naik di awal tahun. Buat keluarga yang anggota keluarganya sedikit, kenaikan ini mungkin tak seberapa. Tapi bagi keluarga besar dengan jumlah anggota banyak, dengan keanggotaan BPJS mandiri, kenaikan ini cukup signifikan. (red/bs)