Taliabu Dapat Tambahan 2.150 Vial Vaksin Covid-19

oleh -12 views
Link Banner

Porostimur.com – Bobong: Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu kembali mendapatkan tambahan sebanyak 2.150 vial vaksin setelah selama dua hari mengalami kekosongan stok vaksin Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Taliabu, Kuraisia Marsaoly menuturkan, kekosongan vaksin itu terhitung sejak Selasa sampai Rabu 13 Oktober 2021 kemarin Pemkab Taliabu mengalami kehabisan vaksin Covid-19 di seluruh Puskesmas (PKM), terkecuali PKM Kecamatan Tabona. Namun, kiriman vaksin dari Ternate akhirnya tiba di Bobong ibukota Kabupaten Pulau Taliabu, Kamis (14/10/2021).

Akibat dari kekosongan vaksin selama dua hari itu, kegiatan vaksinasi terpaksa tidak dapat dilakukan, kecuali di Kecamatan Tabona yang berhasil melakukan vaksinasi sebanyak 150 orang selama dua hari itu.

”Hanya dua hari saja vaksin kosong, dari Selasa kekosongan vaksin, baru di kirim dari provinsi hari Rabu dan dijemput dengan speedboat di Sula. Alhamdulillah vaksin sudah tiba di Bobong jam dua siang tadi. Jadi sejak Selasa dan Rabu hanya PKM Tabona yang lakukan vaksinasi kurang lebih 150 orang,” bebernya.

Kadinkes yang akrab disapa Sia itu menjelaskan, dosis yang di kirim dari Ternate kurang lebih 2.150 vial, terdiri dari AstraZeneca sebanyak 150 vial, Sinovac 1.950 vial, sementara sisanya adalah vaksin Moderna.

Baca Juga  Keluhkan Mahalnya Sewa Lapak Pasar, Pedagang Datangi DPRD Ambon

Hingga saat ini, lanjut Kuraisia, semua tim pendamping Dinas Kesehatan untuk PKM dalam upaya pelaksanaan vaksinasi untuk percepatan capaian sasaran vaksinasi akan dimulai kembali pada Jum’at besok, vaksinasi massal kembali digelar di seluruh Puskesmas di Kabupaten Pulau Taliabu.

Sementara, untuk wilayah kota Bobong sendiri, pelayanan vaksinasi massal akan kembali dibuka di Aula Kantor Bupati Taliabu, sehingga bagi para peserta tes seleksi CPNS yang diwajibkan untuk melakukan vaksin tahap satu dan tahap dua diimbau untuk segera memanfaatkan momen vaksinasi tersebut.

”Mulai Jumat besok vaksinasi kembali dilanjutkan di aula kantor Bupati, jadi bagi peserta tes CPNS kita sudah komunikasikan dengan BKD kurang lebih 100 orang dari peserta tes CPNS dan PPPK non guru, untuk itu tim vaksinator Kami akan tetap stay di aula kantor Bupati untuk menangani vaksinasi,” tukasnya.

Baca Juga  Rayakan Utah di Maluku, Ria Ricis Diduga Abaikan Protokol Kesehatan

Hingga Kamis 14 Oktober, Tim vaksinasi Covid-19 kabupaten Pulau Taliabu telah berhasil melakukan vaksinasi dan menghabiskan lebih dari sepuluh ribu dosis vaksin Covid-19 namun data tersebut belum terinput secara keseluruhan.

“Taliabu sampai saat ini sudah mencapai 10.316 dosis, yang belum selesai terinput kurang lebih 350 dosis” jelasnya.

Sementara itu, telah ditargetkan, para remaja yang juga menjadi sasaran vaksinasi di seluruh PKM pada pekan depan, dan untuk tenaga kesehatan sendiri (Nakes) akan memulai vaksinasi tahap III. Sejak hari ini, sudah tercatat sebanyak 500 orang remaja dalam wilayah PKM Nggele yang menjadi target vaksinasi.

“Minggu depan fokus sasaran remaja di semua wilayah PKM, dengan tidak mengabaikan sasaran lain. Terutama nakes dosis 3 dan mulai Jumat besok PKM Nggele telah melapor remaja sebanyak 500 orang, sasaran utama di SMP Nggele,” bebernya.

Kuraisiya bilang, untuk menyisir sasaran vaksinasi remaja di Taliabu, Dinkes Taliabu telah bekerjasama dengan dinas pendidikan setempat sehingga sekolah-sekolah telah mendata peserta vaksin yang akan menjadi sasaran vaksinasi untuk usia remaja.

Baca Juga  Garuda Optimistis Sulut Jadi Penghubung Utama Ekspor ke Jepang

“Sekolah-sekolah juga sudah melapor sasarannya oleh PKM, dan Ini merupakan kerja sama antara Dinkes dan Diknas yang langsung turun ke sekolah-sekolah,” ujarnya lagi

Kuraisia juga mengakui bahwa vaksinasi pada sasaran ibu hamil mengalami kemajuan, sementara kendala vaksinasi justru terdapat pada kelompok lansia.

“Alhamdulillah untuk bumil sudah ada kemajuan, tidak ada kendala, yang masih jadi kendala pada sasaran lansia,” ungkapnya.

Ia berharap, dalam bulan Oktober ini, jumlah vaksin yang baru di kirim dan telah diterima Kamis tadi, dapat secepatnya dihabiskan.

Dirinya juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menggenjot tingkat partisipasi terhadap kegiatan vaksinasi selama ini.

”Kami berharap vaksin yang baru dikirim ini bisa selesai pada Oktober ini juga, dan terima kasih kami selalu didukung penuh oleh TNI-POLRI,” tutupnya. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.