Talud Penahan Patah, Longsor Tutup Akses Jalan Warga Lorong Pendidikan

oleh -176 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Akibat tingginya curah hujan berhari-hari, terjadi longsor di RT 001/RW 020, tepatnya di kawasan Lorong Pendidikan, Gunung Malintang, Desa Batu Merah Kota Ambon, Sabtu (10/7/2021).

Longsor yang terjadi akibat patahnya talud penahan tanah sepanjang 12 meter itu menutup akses jalan warga setempat. Beruntungnya saat kejadian pada pukul 13.30 WIT tersebut, tidak ada warga yang lalu-lalang.

Tanah longsor tersebut membuat panik puluhan warga tetangga rumah korban, yang sempat panik dan berlarian keluar rumah karena mendengar bunyi yang menghantam pagar sekolah SMK Alwathan kota Ambon.

“Beta dengar suara yang mengerikan dan berlari keluar rumah melihat tanah longsor dan talud yang patah meluncur ke bawah, dan ada beberapa buah motor, dibengkel yang terbawa longsor itu” kata Aldy Fataruba yang menyaksikan kejadian longsor di rumah Mas Arif yang juga adalah tempat usaha bengkel itu.

Saat kejadian, Mas Arif beserta keluarganya sedang tidak dirumah, dan baru tau kejadian longsor dirumahnya setelah ditelpon tetangga. “Mas Arif.. Cepat pulang dolo, Mas pung Talud dirumah longsor,” begitu kata Farida Wailissa saat menelpon Mas Arif pemilik rumah itu.

Baca Juga  Bupati Malra: LHE Menpan RB, Malra Harus Raih Predikat B

Beberapa menit kemudian, Mas Arif datang dan melihat kondisi talud disamping rumahnya sudah rata dengan tanah, dengan wajah yang sedih dia kemudian bersama warga setempat ikut membantu mengangkat motor dan peralatan bengkelnya yang sebagian sudah tertimbun tanah.

Sementara itu, saat mengetahui laporan warga setempat, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, Muhammad Jen Tomagola langsung meninjau lokasi kejadian.

“Saya mendapat WA dari keluarga yang kebetulan bertetangga tak jauh dari rumah korban, saya langsung turun ke lokasi, kemudian saya teruskan laporan kejadian tersebut ke kantor untuk segera ditangani dan dapatkan bantuan seperlunya,” kata Tomagola

Tomagola kemudian perintahkan anak buahnya membawa Terpal sebanyak dua buah untuk menutupi tempat longsor tersebut.mengguyur

Baca Juga  Kepala PPAN: Benteng Victoria Merupakan Kebesaran Nasional

Tak lama beselang, kemudian Tim TAGANA Dinas Sosial Provinsi Maluku dan Kota Ambon turun ke lokasi dan juga membawa bantuan berupa Tarpal, sekop, gerobak dan bantuan makanan.

Warga setempat, secara bersama-sama ikut membantu membersihkan longsoran tanah dan batu-batu agar akses jalan tersebut bisa dilalui warga sekitar.

Sampai selesai magrib, warga masih terus membersihkan jalan ditengah hujan yang terus mengguyur. (mukhlis)

No More Posts Available.

No more pages to load.