Tentara India dan Pakistan Baku Tembak di Kashmir, 10 Tewas

oleh -36 views
Link Banner

[carousel_slide id=’12211′]

porostimur.com | Kashmir: Bentrokan akhirnya terjadi di Kashmir. Delapan personil militer India dan Pakistan dikabarkan tewas di tengah pertempuran sengit di sepanjang perbatasan Line of Control (LoC) yang rapuh antara dua negara pada Kamis (15/8/2019).

Juru bicara militer Pakistan, Mayor Jenderal Asif Ghafoor juga menyebut lima tentara India tewas. “Baku tembak yang terputus-putus berlanjut,” tulis Ghafoor seperti dimuat Al Jazeera.

Militer Pakistan mengatakan bahwa korban tewas itu disebabkan oleh dua insiden terpisah. Korban tewas termasuk tiga tentara Pakistan.

Link Banner

“Lima tentara India juga terbunuh, dengan banyak yang terluka dan bunker-bunker mereka rusak,” klaim militer Pakistan, menambahkan baku tembak terus berlanjut seperti dikutip dari Sputnik.

Namun seorang juru bicara militer India membantah pernyataan tersebut. “Tidak ada korban. Pernyataan ini salah,” kata juru bicara itu seperti dikutip Reuters.

India mengklaim baku tembak itu bermula ketika Pakistan melanggar gencatan senjata antara kedua negara di LoC yang dijaga ketat.

Baca Juga  Peringati 1 Muharram, Walikota Ambon Lepas Peserta Lomba Hadrat

Baku tembak itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara India dan Pakistan setelah pemerintah India pekan lalu mencabut status otonomi khusus untuk Kashmir.

Keputusan India menghalangi hak negara bagian Jammu dan Kashmir yang mayoritas Muslim untuk membingkai hukumnya sendiri dan memungkinkan orang yang bukan penduduk untuk membeli properti di sana.

Saluran telepon, internet dan jaringan televisi telah diblokir dan ada pembatasan pergerakan. 

Dalam insiden terpisah, dua warga sipil juga dilaporkan tewas dan satu lainnya cedera dalam baku tembak di distrik Rawalakot, kata seorang pejabat senior kepada AFP.(red/rmol/tn/snc)