TNI-KKB Baku Tembak di Maybrat Papua Barat, Ratusan Warga Dievakuasi

oleh -34 views
Satgas TNI terlibat baku tembak dengan KKB di Maybrat. (Foto: Dok)

Porostimur.com, Sorong – Satgas TNI dari Batalion Infanteri (Yonif) 133 Yudha Sakti terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Ayata, Kabupaten Maybrat, Papua Barat. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam baku tembak tersebut, namun ratusan warga ketakutan. Mereka berhasil dievakuasi pasukan TNI ke tempat aman.

Dansatgas Yonif 133 Yudha Sakti, Letkol Infanteri Andika Ganesha Sakti mengatakan, baku tembak terjadi saat Satgas TNI menggagalkan aksi KKB memasang bendera Bintang Kejora dalam rangka memeringati Hari Manifesto Politik Papua Merdeka 1 Desember.

“KKB yang terdesak kemudian melakukan intimidasi terhadap warga untuk menjadikan warga sebagai tameng dalam baku tembak tersebut. Kami Satgas TNI langsung bertindak dengan menyelamatkan penduduk kampung untuk menghindari jatuh korban jiwa,” kata dia, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga  Perdana Menteri Inggris Keir Starmer Tegaskan Hak Negara Merdeka Palestina

Pergerakan tempur Satgas TNI berhasil memukul mundur KKB yang melarikan diri ke arah hutan dan perbukitan. Dari hasil pantauan drone, KKB berjumlah 8 orang pimpinan Manfred Fatem tersebut membawa beberapa pucuk senjata api.

“Dari hasil penyelidikan aparat ditemukan rencana KKB selain mengibarkan bendera Bintang Kejora, juga menyusun rencana untuk menyerang aparat keamanan. Mereka (KKB) juga akan melakukan aksi teror mengganggu kenyamanan dan kedamaian masyakarat setempat,” katanya.