Update Covid-19 Maluku: 170 Positif, 27 Sembuh, 7 Meninggal Dunia

oleh -72 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi Maluku mengalami perubahan data pada Selasa (26/5/2020) hari ini.

Melansir data laporan media harian Covid-19, secara keseluruhan, update untuk Maluku per Selasa hari ini yakni 170 pasien positif, 27 sembuh dan tujuh meninggal dunia

Ada 10 kasus baru. Dimana empat kasus diantaranya dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Padahal hingga kemarin, SBT masih bersih dari kasus positif terpapar virus mematikan ini.

“Berdasarkan update harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku, tanggal 26 Mei 2020, pukul 15:00 WIT, total kasus terkonfirmasi (positif terpapar virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab) sebanyak 170. Alami peningkatan 10,”ungkap Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Maluku, Melky Lohy dalam rilisnya Selasa (26/5) malam.

Dirincikannya, penambahan 10 kasus baru ini diantaranya, 4 kasus dari Kota Ambon, 4 kasus konfirmasi dari Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), 1 kasus dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan 1 kasus dari Kabupaten Buru. “Penomoran kasus dan inisial dari penambahan 10 kasus konfirmasi pada hari ini, akan diumumkan besok,” jelasnya.

Baca Juga  Melaut sejak Sabtu, Nelayan hilang kontak dan belum ditemukan

Dari total 170 kasus ini, lanjut Lohy, 136 dalam perawatan, sembuh 27 dan meninggal 7 orang.

Sementara Pasein Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 22 orang, rinciannya 17 orang di Kota Ambon, 4 orang di Kabupaten Maluku Tengah dan 1 orang Kabupaten Buru Selatan.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 53 orang. Rinciannya 52 orang dari Kota Ambon dan 1 orang dari Kabupaten Seram Bagian Timur.

Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang mengatakan terkait 4 kasus baru dari SBT ini, sesuai laporan dari Bupati SBT tiga diantaranya merupakan pelaku perjalanan dari Pulau Jawa. Sedangkan satu lainnya pelaku perjalanan dari Kota Ambon. “Mereka dirawat di RS Bula, dan sudah ada permintaan dari Bupati untuk dirujuk keseini (Ambon)”ungkapnya saat dikonfirmasi di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Selasa malam.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 4.1 Guncang Ambon

Terkait 4 kasus baru dari Kota Ambon, lanjut Kasrul, berasal dari klaster rapid test massal di Terminal Mardika beberapa waktu lalu. “Sekarang mereka dirawat di salah satu hotel yang menjadi lokasi karantina Pemkot Ambon,”sambungnya.

Sementara 1 kasus baru dari Buru, kata Kasrul, belum diperoleh laporannya apakah hasil tracing atau pelacakan atau pelaku perjalanan.

“Untuk yang Buru pasiennya di rawat di Namlea. Pak Bupati minta mau rujuk kesini (Ambon). Sedangkan pasien kasus SBB sudah dirujuk kesini (Ambon). Apakah pelaku perjalanan atau hasil tracing (pelacakan), kita belum terima laporannya,”tandasnya. (red/rtm)