“Wansosa” Bawa Bupati Hendrata ke Acara Kick Andy

@porostimur.com | Jakarta: Upaya Bupati Kabupaten Kepulauan Sula dalam membangun dan mempromosikan Batik di Kepulauan Sula, patut diacungi jempol. Berkat prestasinya itu, Hendrata Thes terpilih untuk hadir di acara talkshow Kick Andy yang tayang di Metro TV.

Pada Jumat malam (28/6) lalu, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes diundang ke studio Metro TV di kawasan Kedoya, Jakarta untuk menjadi narasumber Andy Noya.

Hendrata Thes menceritakan Kabupaten kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, dengan andalannya di sektor perikanan, pertanian, pariwisata, budaya.

Dia juga membeberkan inovasinya dalam rangka mengembangkan batik Sula.

Batik Sula digagas Hendrata Thes. Proses risetnya di mulai sejak Oktober 2017 oleh seorang desainer Lenny Agustin bersama Pemda Kabupaten Kepulauan Sula. Sedangkan pelatihan di mulai November 2017, dan sekarang Tim Batik Sula sudah terbentuk, yang disokong 25 perajin.

Ada beberapa motif batik Sula, antara lain wansosa (lebah), kenakawahi (ikan Julung), kena tukareg (ikan sultan), burung mansanggia. Batik Sula juga dipromosikan ke luar negeri dengan merk Xoela.

Xoela adalah merk atau brand yang sengaja dibuat untuk menjadi identitas produk kerajinan khas Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Perancang busana Lenny Agustin menggandeng para perajin batik dari Sula untuk menghasilkan produk yang dia pamerkan di fashion shownya. Para perajin batik ini yang dihasilkan dari pelatihan membatik (tulis dan cap) akhir tahun 2017 hingga pertengahan 2018.

Kata Xoela sendiri diambil dari nama awal Kepulauan Sula Besi yang ada di Kepulauan Sula yang diberikan pemerintah Belanda di masa penjajahan. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: